JawaPos Radar

Pilpres 2019

Jika Cawapres Jokowi dari Kalangan Ulama, Pangi: Tidur Pun Bisa Menang

09/08/2018, 17:49 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Pangi
Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago memprediksi Jokowi-Mahfud MD masih lebih unggul dibanding pasangan Prabowo - Sandi. (doc voxpol)
Share this image

JawaPos.com - Peta persaingan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 semakin jelas. Kabarnya di kubu petahana resmi mengusung Joko Widodo-Mahfud MD, sedangkan di gerbong oposisi akan segera pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno malam nanti.

Menanggapi konstelasi politik itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, jika memang Pilpres menyajikan duel dua pasangan ini, dia memprediksi Jokowi-Mahfud MD masih lebih unggul. Karena pasangan ini dianggap lebih melambangkan nasionalis dan agamis.

"Kalau dua pasangan ini terjadi, misal Prabowo-Sandi versus Jokowi-Mahfud MD ini akan menjadi duel yang tak seimbang," ujar Pangi dalam diskusi bertajuk 'Mengintip Kantong Jokowi dan Prabowo' di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Pangi menuturkan, pasangan Jokowi-Mahfud disebut akan menjadi mimpi buruk bagi calon lawannya. Keperkasaannya disebut akan sulit dikalahkan oleh Prabowo-Sandi.

"Kalau Jokowi mengambil ulama (jadi cawapres), maka itungan saya tidur pun timses (tim sukses) Pak Jokowi bisa menang," tegasnya.

Meski demikian, Mahfud disebut masih memiliki kekurangannya. Seperti jika ditelsik ke masa lalu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pernah menjadi ketua timses Prabowo di Pilpres 2014. Situasi ini disebut bisa menimbulkan persepsi negatif bagi citranya.

Selain itu, Mahfud bisa menjadi batu sandungan bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pilpres 2024. Sebab pria asal Madura itu bukan kader partai, sehingga bisa mengganjal PDIP untuk mempertahankan kembali kekuasan.

"Kalau 2024 harga mati PDIP kembali mencalonkan capres, apakah Mahfud MD nanti ini bisa dijadikan kader PDIP di tengah jalan atau tidak," tandasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up