alexametrics

Minggu Depan, DPR Bahas Uji Kelayakan Calon Anggota KPU dan Bawaslu

9 Januari 2022, 19:03:24 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, Komisi II DPR akan mengagendakan pembahasan materi dan simulasi untuk uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu pada Rabu (12/1) atau Kamis (13/1).

“Komisi II DPR mengagendakan pembahasan materi dan simulasi untuk uji kelayakan pada Rabu atau Kamis pekan depan,” kata Junimart kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakannya terkait Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 menyampaikan hasil seleksi kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis (6/1).

Junimart menjelaskan, sesuai aturan, Komisi II DPR via Ketua DPR RI menunggu Surat Presiden (Surpres) dari Presiden Jokowi terkait nama-nama calon anggota KPU-Bawaslu.

Menurut dia, apabila Surpres sudah diterima DPR maka Ketua DPR akan mengirimkan surat kepada Pimpinan Komisi II DPR untuk melakukan uji kelayakan.

“Nanti Komisi II DPR akan menjadwalkan dan melakukan uji kelayakan para calon anggota KPU dan Bawaslu. Lalu Komisi II DPR memilih dan menetapkan tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu,” ujarnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads