alexametrics

Tidak Ada Reshuffle di Rabu Pon, PKB: Jokowi Ingin Beri Kejutan

8 Desember 2021, 14:08:52 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada 8 Desember 2021 atau Rabu Pon ini. Presiden Jokowi pada Rabu ini lebih memilih melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan tidak ada reshuffle yang dilakukan pada Rabu Pon ini menunjukan akan adanya kejutan yang dilakukan oleh Jokowi.

“Ini sampai hari ini tertutup ya. Belum ada bisik-bisik dari Istana. Tapi saya melihatnya kalau begini biasanya ada kejutan. Tunggu saja kejutannya,” ujar Jazilul di saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (8/12).

Pria yang akrab disapa Gus Jazil juga mengaku masyarakat penasaran dengan formasi kabinet baru yang akan dirombak oleh Jokowi. Hal ini setelah Partai Amanat Nasional (PAN) masuk ke dalam kabinet.

“Karena masyarakat juga menunggu ingin melihat formasi yang baru,” katanya.

Wakil Ketua MPR ini memperkirakan, ada kemungkinan Jokowi bakal melakukan reshuffle pada 22 Desember 2021 atau pada Rabu Pahing.

“Ya tergantung kita memaknai sinyal itu. Tapi sampai hari ini kan belum. Dan memang kalau biasanya hari Rabu ya berarti tinggal satu hari Rabu lagi di tanggal 22 Desember, apakah mungkin? Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Tapi yang tahu hanya Pak Jokowi,” ungkapnya.

Namun demikian, Gus Jazil menduga pada awal tahun 2022 mendatang, Jokowi sudah mempunyai formasi kabinet baru. Diharapkan para menteri baru bisa membantu kepala negara.

Gus Jazil meyakini Jokowi bakal melakukan perombakan kabinet. Hal ini karena bertambahnya partai politik pendukung pemerintah dengan masuknya PAN.

“Perkembangan di koalisi, pertimbangan politik itu sudah ada. Karena ada satu partai yang bergabung artinya ada yang perbuahan, sebagai syarat reshuffle itu ada,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads