alexametrics

Presiden Jokowi buka Mukernas PKB di Istana Merdeka

8 April 2021, 20:13:19 WIB

JawaPos.com – Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB dan Munas Alim Ulama terasa istimewa. Itu karena kegiatan tersebut dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Acara partai di istana merupakan pemandangan langka.

Dalam pembukaan Mukernas dan Munas Kamis (8/4), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersama 24 orang hadir secara di istana. Di antaranya adalah Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Dimyati Rois, Wakil Ketua Dewan Syuro PKB KH Manarul Hidayat, Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar, dan Pengasuh PP Lirboyo KH Kafabihi Mahrus. Hadir pula Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid dan M Hanif Dhakiri, Sekjen M Hasanuddin Wahid, Ketua Panitia Faisol Reza, dan Ketua Fraksi PKB DPR Cucun A Samsurijal.

Gus Ami sapaan baru Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama adalah agenda rutin partai yang tujuannya saling menopang satu sama lain. Menurut dia, Munas Alim Ulama rutin diselenggarakan PKB, karena partai itu lahir dan besar di tangan para ulama.

Dia mengatakan, para alim ulama yang diundang adalah kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU) serta tokoh-tokoh bangsa yang selama ini berkontribusi penuh dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara dalam bingkai NKRI. ’’Para ulama juga konsisten mengawal perjalanan demokrasi dan kebhinekaan kita yang dari hari ke hari tantangannya makin dinamis dan bervariasi,’’ ungkapnya.

Apalagi, kata Gus Ami, dengan adanya peristiwa teror belakangan, maka alim ulamalah yang paling diandalkan dalam membimbing umat ke jalan dan keyakinan yang benar. Oleh karena itu, keberadaan kiai dan pesantren perlu diapresiasi oleh PKB dan pemerintah

Sedangkan Mukernas PKB digelar untuk menyiapkan kerja-kerja strategis dan taktis kepartaian dalam memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara. Menurut Gus Ami, saat ini keadaan semakin membaik, pandemi mulai berkurang, dan program vaksinasi sukses.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Khafidul Ulum





Close Ads