alexametrics

Jokowi Berterimakasih atas Dukungan Kiai kepada Pemerintah

8 April 2021, 14:35:03 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (8/4).

Dalam pidatonya Presiden Jokowi berterima kasih kepada kiai dan para ulama yang selama ini memberikan dukungan ke pemerintah dalam mengatasi tantangan yang di hadapi Indonesia. Termasuk memberikan dukungan terkait pandemi Covid-19.

“Dukungan para alim ulama sangat sangat penting sekali, agar semua elemen bangsa bisa saling mendukung, dan menopang saling membantu menjadi sebuah kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi segala tantangan bangsa hari ini dan ke depan yang tidak semakin mudah,” ujar Jokowi di lokasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, apresiasi tinggi juga ia berikan kepada alim ulama yang telah membantu pemerintah dalam menjaga persatuan serta merawat NKRI ini.

“Juga menebarkan toleransi, menebarkan semangat persaudaraan serta menjadikan kebhinekaan sebagai fondasi persatuan,” tuturnya.

Sementara terpisah, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin mengatakan, para ulama dan kiai yang datang ke Istana Negara yang selama ini berkontribusi mengawal demokrasi dan kebhinekkaan di Indonesia.

Menurut Cak Imin peran ulama dan kiai sangat penting, sebab saat ini tantangan yang ingin merusak bingkai NKRI terus ada. Sehingga dibutuhkan peran ulama dan kiai.

“Yang tantangannya hari ini semakin dinamis dan bervariasi bahkan kita tidak sedikit  menyisakan tantangan dan ancaman terhadap kebhinekaan kita melalui tindakan-tindakan ekstrimisme maupun terorisme,” katanya.

Baca Juga: Sudah Disetujui 30 Negara, Sinovac Produksi 2 Miliar Vaksin Covid-19

Selain itu Cak Imin menegaskan, partai yang ia pimpin mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi akibat dari pandemi Covid-19 ini.

“PKB mendukung dan mengupayakan percepatan recovery kebangkitan Indonesia khususnya kebangkitan Indonesia pasca Pandemi Covid-19. PKB mendukung sepenuhnya seluruh langkah upaya presiden di dalam mempercepat perbaikan kondisi ekonomi nasional,” tuturnya.

Pembukaan Mukernas dan Munas Alim Ulama ini dihadiri oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko polhukam) Mahfud MD, serta sejumlah kiai dan ulama.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads