alexametrics

JK: Jokowi-Ma’ruf Amin Siap Sampaikan Visi dan Misi ke Publik

8 Januari 2019, 18:16:05 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membatalkan penyampaian visi misi yang dilakukan oleh tim kampanye ataupun capres-cawapres, pada tanggal 9 Januari ini.

Saat dikonfirmasi, Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pasangan nomor urut 01 siap untuk menyampaikan visi misinya kepada publik. Hanya tinggal teknisnya saja visi misi bisa disampaikan.

“Kita sudah dua atau tiga kali rapat. Itu capres dan cawapres pasti mengumumkannya juga,” ujar JK di Kator Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Selasa (8/1).

‎Sebelumnya, ‎Ketua KPU, Arief Budiman mengaku sudah melakukan rapat bersama para komisoner, dan diputuskan tidak ada penyampaian visi misi yang dilakukan pada 9 Januari mendatang. KPU menyerakan kepada dua pasangan menyampaikan visi-misinya sendiri-sendiri.

“Sudah diputuskan silahkan dilaksanakan sendiri-sendiri tempat dan waktu yang mereka tentukan sendiri, jadi tidak lagi difaslitasi oleh KPU,” ujar Arief Budiman saat ditemui di Hotel Mandarin, Jakarta, Sabtu (5/1).

Arief mengatakan salah satu alasannya tidak ada penyampaian visi misi itu karena tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saling berbeda pendapat. Sehingga KPU memutuskan tidak memfasilitasi dua belah pihak.

“KPU agak kerepotan kalau memfasilitasi keinginannya, karena berbeda-beda. Jadi KPU memutuskan kalau sosialisasi itu bisa dilakukan masing-masing paslon,” katanya.

Arief mengatakan penyampaian visi msisi ini sebanarnya tidak menjadi keharusan untuk bisa disampaikan. Karena memang yang diatur dalam UU Pemilu adalah debat capres-cawapres sebanyak lima kali.

Adapun sebelumnya KPU memutuskan ada penyampaian visi misi capres-cawapres pada tanggal 9 Januari, sebelum debat pertama 17 Januari digelar.

Penyampaian visi misi ini tidak perlu dihadiri oleh pasangan capres dan cawapres. Namun bisa diwakilkan oleh tim pemenangan.

Namun Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut penyanpaian visi misi ini perlu disampaikan oleh pasangan capres dan cawapres. Sehingga tidak setuju diwakilkan oleh tim kampanye.

Tapi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin punya pandangan berbeda. Soal visi misi tidak perlu disampaikan oleh capres-cawapres, bisa lewat tim kampanyenya. Alasannya karena takut kegiatan yang berbenturan dengan pasangan calon.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

JK: Jokowi-Ma'ruf Amin Siap Sampaikan Visi dan Misi ke Publik