alexametrics

Bara Hasibuan Ungkap Tantangan PAN ke Depan Melepas Ketergantungan

7 Desember 2019, 16:04:40 WIB

JawaPos.com – Maret 2020 mendatang, Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar kongres. Salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum.

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan mengatakan, ke depan partai berlogo matahari harus bisa belajar mandiri. Sehingga tidak lagi ketergantungan dengan pihak lain.

“Tantangan utama partai ini adalah bagaimana kita melepaskan ketergantungan dari satu orang,” ujar Bara di Rakernas PAN di Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu (7/12).

Bara juga berpesan PAN ke depannya harus semakin maju. Jangan sampai dikendalikan oleh pihak lain. Sehingga PAN bisa menjadi partai yang mandiri dan itu adalah tantangan ke depannya.

“Jadi kalau itu tidak bisa dilakukan, maka PAN tidak akan bisa berkembang,” katanya.

Bara menambahkan, tidak ada aturan bahwa ketua umum PAN hanya boleh menjabat satu periode. Sebab, dalam AD/ART PAN pun tidak ada aturan tersebut. Karena itu, kader PAN diharapkan tidak lagi mempermasalahan hal tersebut.

“Partai ini tidak ada ketentuan anggaran dasar atau pun konstitusi di partai ini. Jadi, tradisi itu kan bisa saja berubah,” katanya.

Sekadar informasi PAN pada Maret 2019 nanti akan menyelenggaran pemilihan ketua umum. Sampai saat ini sudah ada enam kader PAN yang siap menjadi ketua umum.

Mereka adalah mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PAN RB) Asman Abnur, Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN di DPR Hanafi Rais, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo, serta, Ketua Umum PAN saat ini Zulkifli Hasan.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads