alexametrics

‎TGB Ingatkan Betapa Bahayanya Hoaks di Masyarakat

7 Februari 2019, 17:20:57 WIB

JawaPos.com – Banyaknya hoaks atau berita bohong sangat meresahkan di tahun politik ini. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengaku ‘jengkel’dengan peredaran hoaks ini.

Untuk itu, mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan adanya hoaks ini tujuannya untuk memecah belah masyarakat. Terlebih hoaks-hoaks yang mengatasnamakan agama.‎

“Awas, hoaks agama yang sedang dan akan dimainkan dalam pekan ini, akan memecah belah masyarakat,” ujar TGB di Posko Rumah Cemara, Jakarta‎, Kamis (7/2).

Untuk itu TGB berpesan ke masyarakat untuk berhati-hati upaya para oknum dalam memecah belah ini. Apabila mengetahui hoaks jangan ragu sampaikan kebenarannya.

“Sampaikan dan ingatkan ke sekeliling kita, keluarga, teman, saudara dan tetangga kita, supaya hoaks itu tidak efektif untuk mengadu domba, supaya kita semakin kebal hoaks,” katanya.‎

Wakil Koordinator Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar ‎Juga menambahan, hoaks juga banyak ditemukan di daerah. Sehingga memunculkan reaksi dari masyarakat. Dia berharap masyarakat semakin sadar dengan bahayanya hoaks tersebut. Hal ini dilakukan supaya tida terjadi perang saudara seperti di Suriah.

“Saya mengetuk pintu hati masyarakat Indonesia, khususnya yang mengaku kaum muslim, apapun latar belakang partai anda, berhentilah memproduksi atau menyebarkan hoaks,” tegasnya.

Merujuk Surah An-Nur ayat 11-20, TGB mengungkapkan Allah SWT sudah‎ mengingatkan tentang bahayanya kebohongan. Efeknya pun sangat besar kepada kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jadi Allah telah mengingatkan kita tantang betapa bahayanya kebohongan, dan dampaknya destruktifnya bagi masyarakat,” ungkapnya.

Hoaks yang saat ini marah dikatakan TGB adalah mengenai komunisme, kriminalisasi ulama, utang luar negeri, tenaga kerja asing (TKA), dan penyelenggaran pemilu.

“Jadi hoaks ini terus dilakukan secara berulang-ulang meskipun tidak sesuai dengan realitas yang ada,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Copy Editor :

‎TGB Ingatkan Betapa Bahayanya Hoaks di Masyarakat