Pilpres, Fadli Zon Tegaskan Gerindra Solid Calonkan Prabowo Subianto

5 Oktober 2022, 17:12:30 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Fadli Zon memastikan partainya tetap solid mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres). Pernyataan ini merespons pengusungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Partai Nasdem dalam gelaran pilpres 2024 mendatang.

“Kami di Partai Gerindra juga sudah mencalonkan Pak Prabowo,” kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/10).

Fadli menyatakan, setiap partai politik memiliki preferensi dan perhitungan tersendiri dalam memilih sosok yang akan diusung pada pilpres 2024. Meski demikian, dia menghargai keputusan NasDem yang mencalonkan Anies Baswedan.

“Saya kira kita hargai deklarasi dan pencapresan dari setiap partai, termasuk yang baru-baru ini dilakukan partai NasDem dengan mencalonkan Pak Anies,” ucap Fadli.

Selain itu, lanjut Fadli, adanya deklarasi capres sejak awal menunjukkan iklim demokrasi di Indonesia mengalami kemajuan dari sebelumnya. “Saya kira itu hal yang baik bagi demokrasi kita,” ungkap Fadli.

Sebelumnya, Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan untuk diusung menjadi calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 mendatang. Anies tampak duduk mendampingi Surya Paloh saat pengumuman deklarasi di Tower NasDem, Jakarta, Senin (3/10).

Deklarasi Anies Baswedan sebagai capres ini dilakukan Partai NasDem setelah menentukan dari tiga bakal calon presiden (Bacapres) hasil rapat kerja nasional (Rakernas). Mereka diantaranya Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

“Telah hadir Bung Anies, saya bersyukur sekali dan telah menominasikan tiga bacapres pada rakernas yang akan diputuskan menjadi satu capres definitif pada hak kewenangan yang diberikan kepada saya dalam rakernas itu,” kata Surya Paloh.

Surya Paloh menjelaskan, pihaknya sudah mendapat banyak masukan dari berbagai kalangan untuk menentukan capres 2024 yang akan diusung Partai NasDem. Lantas, Surya secara tegas menyanpaikan bahwa Anies Baswedan akan diusung menjadi capres dari Partai NasDem.

“Akhirnya NasDem memilih seorang sosok Anies Rasyid Baswedan,” tandas Surya Paloh.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads