JawaPos Radar

Ini Langkah Kang Emil Geliatkan Ekonomi Jawa Barat

05/09/2018, 17:45 WIB | Editor: Estu Suryowati
Ini Langkah Kang Emil Geliatkan Ekonomi Jawa Barat
Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum saat pelantikan di Istana Negara, Rabu (5/9). (Raka Denny/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Pengembangan ekonomi Jawa Barat menjadi program 100 hari gubernur terpilih Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu resmi dilantik menjadi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada hari ini, Rabu (5/9).

"Hasil survei kan isunya lebih banyak pada isu ekonomi. Jadi, saya akan fokus (di situ)," kata Kang Emil di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Mantan Wali Kota Bandung ini menyebut, dirinya bersama Uu Ruzhanul Ulum akan membuat program 'Satu Desa, Satu Perusahaan'. Selain itu, ada juga rencana membuat program 'Satu Pesantren, Satu Produk'.

Kang Emil menambahkan, pemerintah Jawa Barat juga akan mengembangkan potensi pariwisata di tanah Sunda itu. Dia pun berharap, rencana-rencananya itu bisa memajukan perekonomian masyarakat Jawa Barat.

"Perubahan ekonomi di Jabar dalam 100 hari akan terasa," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/5). Mereka di antaranya adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, Sumatera Utara, NTT, Jawa Tengah dan Bali.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, kesembilan kepala daerah lebih cepat dilantik dibandingkan kepala daerah yang lain, lantaran tidak ada gugatan perselisihan hasil pemilu (PHP). Masa bakti kepala daerah sebelumnya pun telah habis.

"Karena sepanjang memenuhi semuanya sudah diputuskan KPU dan tidak ada gugatan ke MK segera dilantik supaya bisa langsung kerja," kata Tjahjo.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up