alexametrics

Hidayat Nur Wahid : Idul Fitri dan Open House Modal Sosial Berbangsa

5 Juni 2019, 19:12:18 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menngatakankan bahwa Idul Fitri adalah sebuah momentum yang baik untuk mengokohkan silaturahmi dan memperkuat ikatan sesama warga bangsa dengan latar belakang yang beragam.

“Orang Indonesia memang dikenal dengan sikap gotong royong, silaturahmi, saling mengunjungi, saling bertamu,” ujar Hidayat di rumah dinasnya, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (5/6). Open house di antaranya dihadiri perwakilan negara sahabat.

“Ini modal sosial yang sangat penting bagi Indonesia yang perlu dikembangkan,” ujarnya lagi.

Hidayat mengatakan, tanpa momentum Idul Fitri dan open house, sebagian orang mungkin akan enggan saling minta maaf. Tradisi saling bermaafan di Idul Fitri membuat tembok ewuh pakewuh dan gengsi meminta maaf tersebut runtuh.

“Karena itu momentum ini penting menjadi bagian dari khazanah khas Indonesia yang menguatkan hubungan sosial. Ini penting sebagai modal sosial untuk 11 bulan ke depan sampai bertemu Ramadhan yang akan datang,” paparnya.

Hidayat berharap agar kerukunan bangsa Indonesia yang dibangun pada bulan ini bisa terus bertahan sembari proses lanjutan pemilu dan dinamikanya selesai. Pada Juni ini Mahakamah Konstitusi (MK) akan menyidangkan perselisihan hasil Pileg dan Pilpres.

“Biarlah MK menyelesaikan proses ini dengan cara profesional, adil, berani mengambil keputusan yang benar, dan umat dengan bekal Ramadan bisa menyikapi keputusan dengan cara yang terbaik,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads