alexametrics

Kunjungi Pengrajin di Cirebon, Jokowi Gagas Bulog Rotan

5 April 2019, 20:00:02 WIB

JawaPos.com – Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 tinggal dua minggu lagi, masing-masing kubu terus bergerak meraih dukungan masyarakat di berbagai daerah. Termasuk capres 01 Joko Widodo yang begerak menyambangi Sentra Pengrajin Rotan di Desa Tegal Wangi, Cirebon, Jawa Barat.

Kedatangan capres petahana itu didampingi gerbong Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ). Jokowi saat itu juga menyempatkan diri mampir ke sejumlah rumah para pengrajin rotan dan berdiskusi terkait kendala dan harapan para pengrajin.

“Pak Jokowi mendengar langsung antara lain kendala terkait bahan baku, selain itu juga dukungan permodalan,” ujar Ketua Umum ABJ Michael Umbas yang ikut mendampingi Jokowi, Jumat (5/4).

Beberapa pengrajin diketahui merupakan bagian dari relawan Arus Bawah Jokowi di Cirebon. Mereka merasa bahagia didatangi dan ditengok langsung oleh Jokowi. Apalagi mantan wali kota Solo itu sebagai capres petahana menjanjikan untuk membantu peningkatan skill dan tambahan modal kerja, serta memastikan stok bahan baku.

“Sebenarnya masalah mereka lebih banyak terkait ketersediaan bahan baku. Soal pemasaran justru mereka sudah ekspor dan banyak permintaan dari luar negeri seperti Korea dan lain-lain,” ungkap Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi-Amin itu.

Di Desa Tegal Wangi mayoritas penduduk merupakan pengrajin rotan dan produk-produknya berkualitas ekspor. Bahkan di tempat ini juga dijadikan tempat wisata.

“Inisiatif datang ke sini langsung dari Pak Jokowi karena beliau memang juga berlatar belakang pengusaha mebel dan paham bagaimana lika-liku industri produk rotan ini. Komitmen itu langsung difollow up Menteri Perdagangan,” ujarnya.

Jokowi pun langsung memberi solusi akan membuat Badan Urusan Logistik (Bulog) khusus rotan. Diharapkan dengan adanya Bulog Rotan suplai bahan baku bisa terus menerus.

“Ya ini memang dari dulu problem yang sering ada di sini suplai bahan baku yang tidak continue, terus menerus, kadang ada kadang tidak,” kata Jokowi.

Nanti apabila ada Badan khusu yang mengurus seperti Bulog Rotan, kata Jokowi, pemerintah akan beli stok rotan dari petani yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya stok itu ditampung di Bulog Rotan.

“Pengrajinnya tinggal belinya di dekat sini. Mungkin itu, nanti kita mau matangkan lagi,” kata Jokowi.

Usai mengunjungi Desa Tegal Wangi, Jokowi langsung menuju Indramayu untuk agenda kampanye Capres-Cawapres Nomor Urut 01 selanjutnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Kunjungi Pengrajin di Cirebon, Jokowi Gagas Bulog Rotan