alexametrics

AHY Sebut Moeldoko Ketum Demokrat Abal-abal Versi KLB Ilegal

5 Maret 2021, 18:39:46 WIB

JawaPos.com – Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat melalui Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, hasil KLB tersebut menginformasi dugaan selama ini bahwa Moeldoko adalah orang di balik upaya kudeta.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itupun menyebut, Moeldoko terbukti sebagai orang yang terlibat dalam gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat. “Keterlibatan KSP Moeldoko yang selama ini selalu mengelak, kini terang benderang. Terbukti ketika diminta oleh para pelaku kudeta bahwa KSP Moeldoko menerima ketika diminta menjadi Ketum Demokrat versi KLB Sumut,” ujar AHY dalam konfrensi persnya di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (5/3).

“Tentu apa yang disampaikan KSP Moeldoko tadi meruntuhkan pernyataan yang diucapkan sebelumnya yang katanya ia tidak tahu-menahu, tidak ikut-ikutan, tidak terlibat bahkan mengatakan ini masalah internal demokrat,” tambahnya.

AHY juga yakin, segelintir kader Partai Demokrat yang menyelenggarakan KLB tidak mungkin bisa melakukan kudeta terhadap dirinya tanpa adanya dukungan dari Moeldoko. “Jadi, apa yang disampaikannya selama ini terbukti sendiri menjadi Ketua Umum Partai Demokrat abal-abal versi KLB ilegal,” katanya.

Dengan keterlibatan Moeldoko ini sangat jauh dari etika moral politik. Karena Moeldoko dengan sengaja melakukan KLB dengan cara ilegal yang tidak sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat.

“Artinya motif keterlibatan KSP Moeldoko tidak berubah ingin mengambil alih Demokrat yang sah jauh dari moral dan etika politik,” pungkasnya.

Voting suara pemilihan Moeldoko sebagai ketua umum Partai Demokrat dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3). Nur Aprilliana Br Sitorus/Antara

Baca juga: Moeldoko: Capres? Yang Enggak-enggak Aja, Kerjaan Gue Setumpuk Gini

Sebelumnya, KSP Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang, Sumatera Utara. Mantan Panglima TNI ini dipilih lewat mekanisme voting dengan mengalahkan Marzuki Alie.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads