alexametrics

Dukung PTM 100 Persen, KPAI Beri Catatan Agar Pelaksanaannya Sukses

5 Januari 2022, 12:14:55 WIB

JawaPos.com – Pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh sudah mulai dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2021/2022, tepatnya mulai Januari 2022 pada wilayah PPKM level 1 sampai 3. Sekolah tatap muka tersebut dilakukan dengan mengikuti aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Adapun aturan yang perlu diikuti adalah terkait dengan pencapaian vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik serta masyarakat lanjut usia sebagai persyaratan PTM. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti pun menyampaikan bahwa mendukung hal ini.

“KPAI mendukung hal tersebut, karena sejak awal pembukaan PTM terbatas, KPAI sudah menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah agar vaksinasi anak di percepat dan pencapaian vakinasi peserta didik dijadikan persyaratan penyelenggaraan PTM, yaitu minimal 70 persen warga sekolah sudah di vaksin,” ujar dia dikutip, Rabu (5/1).

Adapun soal PTM terbatas yang telah dimulai sejak Januari 2021 ini, KPAI juga telah melakukan pemantauan di sejumlah sekolah pada 8 Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat.

“Pengawasan PTM ini dilakukan dalam upaya memastikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak-anak di masa pandemic Covid-19. Khususnya di kluster pendidikan,” jelas dia.

Adapun sekolah dan madrasah yang di pantau langsung sepanjang tahun 2021 berjumlah 72 sekolah/madrasah dengan rincian 24 (33,80 persen) SMA/MA baik negeri maupun swasta, 11(15,50 persen) SMK Negeri, 23 (32,40 persen) SMP/MI negeri dan swasta, 13 (18,06 persen) SD/MI negeri dan swasta.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads