alexametrics

Mantan Ketua KPU: Penguatan Kelembagaan Parpol Sangat Diperlukan

4 Juli 2022, 17:50:13 WIB

JawaPos.com – Agar bisa berperan mewujudkan perdamaian dan keadilan dunia sebagai tujuan bernegara, partai politik harus memperkuat institusionalisasi atau pelembagaan partainya. Dan dua faktor utama institusionalisasi parpol yang mempengaruhi adalah kepemimpinan stratejik serta basis ideologi partai tersebut.

Demikian diungkap Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yang juga Doktor Ilmu Pertahanan lulusan Unhan RI. Itu disampaikannya saat memaparkan hasil risetnya dalam Seminar Internasional bertema Partai Politik dan Demokrasi, Dengan sub tema Peran Partai Politik Dalam Mempromosikan Keadilan dan Perdamaian Dunia (The Political Parties Roles in Promoting The World Peace Justice).

Dalam acara yang digelar secara hybrid di Yogyakarta itu, Hasto mengatakan dirinya saat ini adalah kandidat doktor di Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia. Disitu, Hasto dibimbing oleh Prof. Satya Arinanto dan Dr. Hanief Saha Ghafur. Dan tema seminar itu sejalan dengan kajian yang ditelitinya.

Hasto mengatakan, yang pertama adalah parpol harus memahami tujuan bernegara dan saripati Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia untuk dunia. Dengan itu, setiap parpol sadar bahwa ia harus menjalankan peran strategisnya dalam perjuangan mewujudkan tatanan dunia baru sebagaimana telah dirintis Bung Karno.

“Dalam konteks itu, kepemimpinan stratejik dengan muatan ideologi menentukan peran aktif dalam perjuangan keadilan dan perdamaian dunia,” kata Hasto.

“Hasil survei kognisi masyarakat menunjukkan bahwa tanpa kepemimpinan, ideologi, kultur dan institusionalisasi, parpol dapat terseret dalam kontestasi yang dapat mengaburkan identitas dan platform partai. Parpol tidak akan sempat memikirkan hal strategis termasuk politik internasionalnya,” urainya.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini: