alexametrics

PSI Muak Kubu 02 Tak Berhenti Mendelegitimasi Penyelenggara Pemilu

4 Maret 2019, 13:01:01 WIB

JawaPos.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyayangkan tokoh Persaudaraan Alumni (PA) 212 Amien Rais kerap mengancam Komisi Pemilihan Umum (KPU). PSI menilai, elite Partai Amanat Nasional (PAN) itu telah melakukan upaya delegitimasi penyelenggara pemilu.

Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan, Amien Rais ‎selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional ‎(BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, telah mengintervensi penyelenggara pemilu.

“Tim Prabowo berusaha merongrong dan mendelegitimasi KPU sebagai penyelenggara pemilu. Setelah kasus hoaks Andi Arief soal surat suara yang sudah dicoblos, kemarin Amien Rais juga berusaha mendelegitimasi KPU dengan menuduh ada masalah dengan IT KPU, dan oleh karena itu perlu diàdakan audit forensik,” ujar Antoni kepada JawaPos.com, Senin (4/3).

Menurut Antoni, pihak Prabowo-Sandi telah melakukan upaya delegitimasi terhadap KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu). Ia melihat, itu isyarat kubu Prabowo sudah hampir ‘lempar handuk’.

Dia menduga, upaya itu dilakukan lantaran kubu penantang tidak menemukan cara membendung derasnya dukungan rakyat terhadap Jokowi-Ma’ruf.

“Mesti ada pihak luar yang disalahkan ketika Prabowo-Sandi kalah. Semua partai pendukung mesti cuci tangan apalagi pernah ada dugaan mahar kardus yang sudah diterima,” katanya.

Antoni mengingatkan ‎kepada Amien Rais, mendelegitimasi penyelenggara pemilu itu berbahaya bagi legitimasi kepemimpinan nasional di Indonesia. “Lebih jauh bisa menimbulkan ketidakpercayaan rakyat kepada demokrasi. Bahaya sekali,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

PSI Muak Kubu 02 Tak Berhenti Mendelegitimasi Penyelenggara Pemilu