alexametrics

Bupati Jombang Kena OTT, Kepercayaan Publik ke Golkar Makin Turun

4 Februari 2018, 11:44:56 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang kepala daerah. Dalam operasi itu, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko (NSW) yang juga merupakan kader Partai Golkar telah diamankan oleh lembaga antirasuah.

Tentunya OTT ini menuai kritikan baru di lingkaran partai berwarna kuning itu. Pasalnya, pasca peralihan kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan menahkodai partainya menjadi lebih bersih dari korupsi.

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Arif Susanto menyebut, kembali tertangkapnya kepala daerah dalam operasi senyap lembaga antirasuah itu menjadi suatu pukulan kembali bagi institusi pemerintahan.

Bupati Jombang Kena OTT, Kepercayaan Publik ke Golkar Makin Turun
Petugas KPK saat melihatkan barang hasil dari OTT (Imam Husein/Jawa Pos)

Apalagi, pada Desember lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku gelisah melihat angka kepala daerah yang ditangkap korupsi. Mantan Gubernur DKI itu pun mengingatkan agar kepala daerah untuk tidak tersangkut korupsi.

“Saat itu, presiden menyebut bahwa sejak 2004 sudah 12 Gubernur dan 64 bupati/walikota ditangkap karena korupsi,” kata Arif kepada JawaPos.com, Minggu (4/2).

Di sisi lain, kata Arif, saat ini masyarakat pun akan menyoroti bagaimana konsistensi menteri perindustrian itu terhadap janjinya yang akan membawa Partai Golkar menjadi lebih bersih. Apalagi Bupati Jombang diketahui akan kembali maju dalam pilkada mendatang.

“Perlu sikap tegas Golkar terkait pembatalan pencalonan tersebut dan terkait komitmen untuk tidak terlibat politik uang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Arif, Airlangga juga harus mampu membuktikan bahwa partainya telah berubah dibandingkan masa kepemimpinan Setya Novanto. Jika tidak, kepercayaan publik terhadap partai berlambang beringin hitam itu akan semakin menurun.

“Meski masih berada di antara jajaran partai besar, jumlah pemilih Golkar terus menurun sejak 1999, antara lain karena keterlibatan kader mereka dalam berbagai kasus korupsi,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (aim/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Bupati Jombang Kena OTT, Kepercayaan Publik ke Golkar Makin Turun