alexametrics

Dihadiri Jokowi, Munas Golkar untuk Konsolidasi Gagasan

3 Desember 2019, 12:29:45 WIB

JawaPos.com – Partai Golkar akan menyelenggarakan musyawarah nasional (Munas). Hal itu salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menteri-menterinya direncanakan hadir.

Juru Bicara Munas Partai Golkar Sebastian Salang mengatakan, rencananya hajatan akbar itu dimulai sekira pukul 17.00 WIB, dengan tamu kehormatan adalah Presiden Jokowi.

Sebastian mengatakan, tema Munas X Partai Golkar ini mengambil tema adalah ‘Kita Satu Untuk Indonesia’. Menurut Sebastian, tema ini merupakan cerminan spirit, tekat dan komitmen partaì untuk menjaga soliditas partai, menjadi yang terbaik, menjadi nomor satu, pemersatu atau perekat bangsa, demi Indonesia yang lebih baik, maju, adil dan demokratis.

“Munas bagi Golkar adalah momen penting dalam rangka curah gagasan untuk mendorong pengelolaan dan proses pelembagaan partai yang semakin demokratis, ramah pada perkembangan teknologi dan informasi di era digital ini,” ujar Sebastian saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (3/12).

Sebastian Salang mengatakan, ‎selain pemilihan ketua umum. Munas Golkar ini juga sebagai konsolidasi gagasan dan potensi utuk membahas masalah atau isu-isu strategis Indonesia. Sehingga Golkar menjadi bagian penting dan strategis dari setiap perubahan, pertumbuhan dan perkembangan bangsa ini.

“Dalam setiap Munas, termasuk Munas X ini, para kader terbaik partai ingin memberikan sumbangsih terbesarnya bagi partai dan bangsa dengan ikut dalam kontestasi menjadi ketua Golkar,” katanya.

Mengenai pemilihan ketua umum, setidaknya sudah banyak kader partai yang menyatakan siap bertarung dan bersaing secara sehat dan demokratis untuk menjadi ketua partai lima tahun mendatang. Menurut dia, animo yang begitu besar dari para calon adalah gambaran bahwa Golkar merupakan partai besar yang memiliki begitu banyak kader terbaik.

“Selain itu, banyak kader yang maju jadi caketum Golkar juga menggambarkan bahwa demokratisasi di internal partai sungguh terwujud nyata,” ungkap dia.

Karena itu, Sebastian berkomitmen Munas Golkar ini akan berlangsung demokratis, tanpa intevensi dari pihak manapun. Pelaksanaannya aman, damai dan menggembirakan.

“Komitmen dan harapan ini kiranya menjadi komitmen dan harapan bersama demi terwujudnya Munas Golkar X yang demokratis, sukses, aman dan damai,” pungkasnya.

Sekadar informasi, sejuah ini sudah ada sembilan nama yang sudah menyatakan siap maju dalam pertarungan calon ketua umum Golkar. Sembilan nama ini adalah, Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan Agun Gunandjar Sudarsa, Ridwan Hisjam, Indra Bambang Utoyo, Ahmad Anama, MAris Mandji, Derek Loupatty, dan Mohamad Ali Yahya‎‎.

Adapun pemilihan ketua umum Golkar dilakukan lewat mekanisme Musyawarah Nasional (Munas). Perhelatan akbar itu dilakukan 3-6 Desember 2019 bertempat di Jakarta.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads