alexametrics

SBY-Megawati Bertemu, Demokrat: Ada Setitik Sinar Bagus untuk Bangsa

3 Juni 2019, 16:07:23 WIB

JawaPos.com – Dalam acara pemakaman Ibu Negara ke-6 Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan, Kalibata ada momen spesial yang menjadi perbincangan rakyat Indonesia. Adapu momen indah tersebut yakni saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersalaman dengan Megawati Soekarnoputri. Mereka tampak saling menebarkan senyuman saat pemakaman itu.

Menanggapi hal itu, politikus Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan, memang sebenarnya SBY dan Megawati punya hubungan yang baik. Tidak ada sekat dan penghalang. Selama ini komunikasi langsung atau tidak langsung juga dilakukan baik.

‎”Jadi menurut saya sudah kehendak sejarah pertemuan kembali untuk merajut kembali hubungan baru dalam politik,” ujar Andi Arief di Cikeas, Jawa Barat, Senin (3/6).

Dengan adanya pertemuan dua mantan kepala negara itu, membuktikan walaupun Megawati Soekarnoputri orangnya keras dan memiliki prinsip. Namun hubungan baik kedua tokoh tersebut tetap terjaga.

“Jadi ada setitik sinar di Kalibata yang bagus buat bangsa, buat semua. Kita harap para elit politik ini mempertontonkan hal baik buat generasi pengganti,” katanya.

Terpisah, Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon berterimakasih atas kedatangan Megawati Soekarnoputri. Karena kedatangan beliau ini selain menyejukkan juga tentunya yang paling utama ikut menguatkan SBY dan keluarga yang sedang berduka.

Menurut Jansen, kedatangan Megawati ini juga menepis banyak pandangan publik di luar sana yang selama ini menyoroti renggangnya hubungan dua tokoh bangsa tersebut.

“Kedatangan bu Mega ini semoga menjadi pembuka lembaran baru untuk normalisasi hubungan yang lebih akrab dan hangat ke depannya antara pak SBY dan Bu Mega,” katanya.

Foto-foto yang menyebar dan menjadi viral itu menangkap wajah Megawati yang tersenyum ketika berbincang dan berjabat tangan dengan SBY. “Semoga inilah jawaban terhadap harapan almarhum suami Megawati, Taufiq Kiemas yang ketika hidup terus berusaha membantu agar hubungan SBY dan Megawati kembali membaik,” katanya.

Jansen berujar, sebagai rakyat Indonesia tentu berharap hubungan baik antar pemimpin seperti ini terus terjalin ke depannya. Karena dengan sejuknya hubungan antar mantan kepala negara seperti ini juga pasti akan ikut mengalir ke bawah.

“Dan masyarakat di bawah pasti bersukacita melihatnya. Dan Indonesia kita menjadi sejuk,” tuturnya.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga menyambut baik pertemuan dua tokoh bangsa itu. Tapi sebenarnya hubungan antara SBY dan Megawati baik-baik saja. Tidak seperti yang selama ini diisukan.

“Sesungguhnya selama ini juga tidak ada hal luar biasa, sebagaimana sering didramatisir oleh banyak pihak,” ujar Hendrawan.

Adanya pertemuan itu juga semakin memperkuat persaudaraan politik antara dua ketua umum partai tersebut. Momen yang ditangkap itu sangat indah. Sehingga bisa memperkuat rajutan kebangsaan dua tokoh bangsa itu.

‎”Bu Ani adalah figur yang memancarkan makna persaudaraan dan inklusivitas. Sampai di tempat peristirahatan terakhirnya,” pungkasnya.

Sekadar infor‎masi, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara pemakaman Ani Yudhoyono yang merupakan istri presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). Megawati tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 14.23 WIB.

Megawati tiba ke lokasi dengan mengenakan gaun berwarna hitam dan sepatu berwarna hitam. Kedatangannya ke lokasi pemakaman bersamaan dengan Presiden RI ketiga BJ Habibie.

Selain Habibie, Megawati tiba berbarengan dengan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Presiden RI kesebelas Boediono, dan Wakil Presiden Indonesia keenam Try Sutrisno.

Setelah berada di lokasi, Megawati bersama Habibie mencari tempat di dekat pusara Ani Yudhoyono. Dia, kemudian menunggu hingga jenazah Ani Yudhoyono tiba di lokasi pemakaman.

Megawati kemudian duduk bersebelahan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Kedatangan SBY kemudian disambut oleh Megawati, keduanya kemudian bersalaman dan SBY duduk bersebelahan dengan Iriana dan Megawati.

Diketahui, upacara pemakaman Ani Yudhoyono, langsung dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6).‎

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads