alexametrics

Besar di Partai Demokrat, Ruhut Sitompul dan Dede Yusuf Kenang Memo

3 Juni 2019, 07:43:59 WIB

JawaPos.com – Besarnya Partai Demokrat tak lepas dari peran Ani Yudhoyono sebagai teman diskusi suami tercinta, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Berbagai politisi jebolan partai berlambang Mercy itu sangat kehilangan sosok Memo, sapaan eyang untuk mendiang Ani Yudhoyono. Beberapa di antaranya, Ruhut Sitompul dan Dede Yusuf yang hadir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu (2/6).

Mantan Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku sangat kehilangan sosok perempuan tangguh seperti Memo. Banyak hal yang dikenangnya, bukan hanya kepada rakyat tetapi juga kepada para kadernya.

“Keluarga besar sangat kehilangan, kita kaget, ibu masih ingin terus lawan penyakitnya. Banyak hal yang dipersembahkan beliau semasa hidupnya. Sosok yang sangat tegas dan merakyat, bukan hanya kepada keluarga tapi juga kader-kadernya,” kata Ruhut.

Dirinya mengaku kaget saat mendengar kabar duka cita berpulangnya Ani Yudhoyono di mana ketika itu Ruhut sedang berada dalam perjalanan. “Saya kaget ya, 4 bulan itu memang sudah stadium 4. Perjuangan ibu Ani hebat sekali,” ujarnya.

SEBAGAI IBU DAN ISTRI: SBY dan Ani Yudhoyono saat menyambangi sang putra pertama, AHY, di Akmil, bersama putra kedua mereka, Ibas. Tampilan sampul biografi Ani Yudhoyono.
(DOKUMEN KELUARGA)

Hal senada diungkapkan Politisi Partai Demokrat Dede Yusuf. Dede yang sempat menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat ketika era Presiden SBY, memiliki banyak kenangan pada Memo. Dari mulai obrolan santai, menyanyi bersama, dan makan nasi goreng buatan Pak SBY bersama-sama.

“Ketika saya jabat wagub, saya sering menemani acara informal, makan bersama mencicipi nasi goreng Pak SBY . Banyak ngobrol soal budaya, anak, dan organisasi. Saya selalu menganggap Pak SBY dan bu Ani sebagai guru bukan pemimpin Partai. Sebab banyak ilmu yang saya dapat yang tak bisa diperoleh dari buku,” jelas Dede.

Pesan yang paling diingatnya dan selalu ditegaskan Memo, adalah Dede diminta harus selalu ingat keluarga. Sesibuk apapun aktivitas bekerja, Ani Yudhoyono meminta Dede untuk mengutamakan keluarga.

“Ibu selalu berpesan keluarga adalah yang pertama, karena apapun jabatan, apapun tugas kita, pasti balik ke keluarga. Kata Bu Ani, Mas Dede ingat ya keluarga nomor 1. Seperti yang Pak SBY tunjukan betapa dalamnya rasa cinta beliau kepada Almarhumah,” kata Dede.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Alur Cerita Berita

Lihat Semua