alexametrics

Fornas: Ajakan Jokowi Momentum untuk Menguatkan Kebhinekaan

3 Februari 2019, 08:55:53 WIB

JawaPos.com – Ajakan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat kebhinekaan, merupakan sesuatu yang amat penting. Permintaan Jokowi agar publik wajib menjaga persatuan dan kesatuan, kendati berbeda pilihan, harus direspons positif.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika, Taufan Hunneman.

Taufan melihat bahwa apa yang diucapkan Jokowi bukan tanpa alasan. Menurutnya, eks Wali Kota Solo itu sejatinya khawatir dengan kontestasi Pemilu 2019 yang kian memanas.

“Kebencian terus dipelihara dan dikelola sehingga produk-produk keluar adalah hoax, fitnah, dan caci maki. Pak Jokowi mewanti-wanti itu,” ujar Taufan kepada JawaPos.com, Minggu (3/2).

Taufan mengingatkan bahwa pemilu merupakan konstestasi para kandidat yang seharusnya bisa memberikan kesejukkan. Serta sebuah ajang adu gagasan visioner, sehingga rakyat bisa mempunyai wawasan, pilihan serta ada pembelajaran politik.

“Politik etis dalam substantif demokrasi telah dimarjinalkan. Sehingga tudingan, stigmatisasi serta merendahkan martabat ssorang terus terjadi,” jelas dia.

“Seolah-olah pilpres ini bagai perang yang harus dimenangkan dengan segala cara,” lanjut pria yang berprofesi sebagai advokat itu.

Taufan menyerukan setiap element, komunitas serta para aktivis untuk mulai mengkampanyekan pilpres damai, aman dan tentram. Pasalnya, selama ini Indonesia punya reputasi sebagai negara dengan indeks demokrasi yang baik dalam hal pemilihan presiden .

“Indonesia telah menjadi teladan keberhasilan demokrasi dan sebagai mayoritas pemeluk muslim terbesar di dunia. Kekuatan perekat itu ada pada jati diri bangsa yakni Bhinneka Tunggal Ika dan spirit bangsa yaitu Pancasila,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads
Fornas: Ajakan Jokowi Momentum untuk Menguatkan Kebhinekaan