alexametrics

Pilgub DKI 2024, Yusuf Sebut Nama-nama yang Bisa Gantikan Anies

3 Januari 2022, 16:00:40 WIB

JawaPos.com – Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI pada 2024 nanti diperkirakan akan berlangsung dinamis. Estafet kepemimpinan di ibu kota mensyaratkan sosok yang memiliki pemaknaan akan kota dan masyarakat Jakarta agar dapat meneruskan keberhasilan Anies.

Sebab menurut pengamat politik Universitas Nasional (Unas), Yusuf Wibisono, sosok yang harusnya pantas menggantian Anies adalah figur baru harus memahami karakteristik Jakarta secara utuh dan menyeluruh agar berkesinambungan dengan pemimpin terdahulu.

“Anies Baswedan sebagai petahana memiliki peluang besar untuk dapat terpilih kembali. Namun, jalan menuju Calon Presiden (Capres) 2024 menurut saya lebih menarik baginya,” kata pengamat politik Universitas Nasional (Unas), Yusuf Wibisono di Jakarta, Senin (3/1).

Dia melihat, sebaiknya warga Jakarta memberi kepercayaan pada tokoh lokal, sebab kompleksitas Ibu Kota membutuhkan sosok yang langsung running setelah terpilih.

“Bagi calon-calon yang berasal diluar Jakarta pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan seluk beluk Jakarta, dan tak jarang melahirkan pandangan yang kurang tepat yang berimbas pada perlambatan kinerja” ujarnya.

Lebih lanjut, Yusuf juga mengatakan, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (Ariza) dianggap tokoh yang paling berpeluang mengingat posisinya saat ini sebagai orang nomer dua di Jakarta. Sosok lain yang juga dianggap layak adalah Silvyana Murni, mantan birokrat dan Ketua Komite 3 DPD-RI dapil DKI Jakarta.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads