JawaPos Radar | Iklan Jitu

PKB - PDIP Bersaing Ketat, Parpol Lain Tak Mampu Adu Dominasi di Jatim

02 November 2018, 17:21:08 WIB | Editor: Kuswandi
LSI
Peneliti Senior LSI Adjie Alfaraby dalam konferensi persnya, Jakarta, Jumat (2/11). (Igman/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perebutan suara dua partai politik (parpol) di provinsi Jawa Timur bertarung sengit. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil menggeser sedikit di atas dominasi PDI Perjuangan di daerah yang miliki banyak pesantren tersebut.

Fakta itu tercermin dalam temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 4-14 Oktober 2018. Partai besutan Cak Imin itu berhasil meraup suara sebesar 21,7 persen, sedangkan PDIP 21,0 persen suara. Itu berarti, hanya selisih 0,7 persen.

Sementara itu, perolehan suara partai lainnya masih terlampau sangat jauh dengan kedua partai tersebut. Mereka adalah Partai Golkar dengan 5,2 persen suara, Partai Gerindra 4,6 persen dan partai Demokrat 3,6 persen suara.

Selanjutnya, Perindo 1,7 persen, PPP 1,7 persen, PAN 1,4 persen, Partai Nasdem 0,8 persen, PKS 0,7 persen, PBB 0,3 persen, PSI 0,3 persen, Partai Hanura 0,2 persen. Sedangkan parpol yang tak memperoleh suara sama sekali adalah partai Berkarya, partai Garuda dan PKPI.

"PKB Unggul tipis di Provinsi Jawa Timur," kata Peneliti Senior LSI Adjie Alfaraby dalam konferensi persnya, Jakarta, Jumat (2/11).

Berkaitan dengan hasil itu, kata Adjie, PKB berarti telah berhasil menggeser dominasi PDIP pada pemilu 2014 lalu. Kala itu, partai berbasis massa islam itu juga kalah tipis dengan PDIP.

"Jadi ada perubahan dan naik turunnya (kekuatan) parpol di Jatim. PKB sementara mengambil posisi pertama dari pemenang PDIP di tahun 2014," pungkasnya.

LSI melakukan survei pada 4-14 Oktober 2018 dengan melibatkan 600 responden pada provinsi Jawa Timur. Margin of error dalam survei ini sebesar 4,1 persen. Mereka juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif analisis media, FGD dan in depth interview.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up