alexametrics

Nasdem Lucuti Semua Jabatan Hasan Aminuddin

Dicopot dari Ketua DPP hingga Anggota DPR
2 September 2021, 13:26:39 WIB

JawaPos.com – Karir politik Hasan Aminuddin di Partai Nasdem berakhir. DPP Partai Nasdem menyatakan bahwa Hasan dan istrinya, Puput Tantriana Sari, sudah bukan lagi kader partainya. Secara otomatis, semua jabatan politik yang disandang Hasan akan dilucuti.

Hal itu disampaikan Ahmad Ali, wakil ketua umum DPP Partai Nasdem.

Dia mengatakan, kader Nasdem yang menjabat anggota DPR, menteri, atau kepala daerah, kemudian tersangkut kasus hukum dan ditetapkan menjadi tersangka, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri. “Baik itu karena kena operasi tangkap tangan (OTT) atau kasus lainnya,” terang dia.

Jadi, kata Ali, sejak ditetapkan sebagai tersangka, Hasan dan Puput tidak lagi dianggap sebagai kader Nasdem. Jabatan Hasan sebagai ketua DPP Partai Nasdem dan DPW Partai Nasdem DKI Jakarta akan diganti kader lain. Begitu juga posisinya sebagai anggota DPR. Pihaknya akan melakukan pergantian antarwaktu (PAW).

Terkait dengan bantuan hukum, Ali mengatakan bahwa partainya mempunyai lembaga hukum. Jika Hasan dan Puput yang sekarang tersangkut perkara di KPK meminta bantuan hukum, partainya bakal memberikan bantuan. Bahkan, masyarakat umum yang membutuhkan bantuan hukum pun akan dibantu. ”Lembaga itu dibentuk untuk membantu masyarakat yang butuh perlindungan hukum,” terang dia.

Jadi, lanjut Ali, partainya siap memberikan bantuan hukum kepada Hasan dan Puput jika keduanya memang meminta bantuan. Pihaknya siap mendampingi hak-hak hukum Hasan dan istrinya selama menghadapi kasus di KPK. ”Bukan hanya Hasan Aminuddin, masyarakat umum pun akan kami bantu,” tegasnya.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads