alexametrics

Rerie: Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan Lewat Proses Pendidikan

2 Februari 2022, 19:58:04 WIB

JawaPos.com – Nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki harus menjadi pegangan dalam kehidupan berbangsa untuk menuju Indonesia Emas. Hal itu tersebut harus konsisten ditanamkam lewat proses pendidikan yang memanusiakan manusia.

“Indonesia memiliki empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tinggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang harus menjadi landasan setiap langkah anak bangsa untuk bersatu berbenah dalam menghadapi masuknya ideologi dari luar,” ujar Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Peran Nilai dan Revolusi Mental menuju Indonesia 2045 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (2/2).

Menurut Lestari, pemahaman kita terhadap nilai-nilai yang berlaku di masyarakat saat ini dan nilai-nilai yang diharapkan bisa menjadi bahan untuk berbenah dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter kuat.

Tantangan yang kita hadapi saat ini, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, adalah bagaimana nilai-nilai kebangsaan ini ditanamkan lewat proses pendidikan yang bertujuan untuk memanusiakan manusia.

Rerie juga menilai berbagai macam forum bisa dikembangkan untuk mengkaji nilai-nilai tersebut. Harapannya, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, kita sebagai bangsa harus mampu menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan dan mencapai cita-cita bangsa.

“Seluruh anak bangsa, harus bersama-sama dan berperan aktif untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” ujarnya.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads