alexametrics
Sandi Klaim Bangun Tol Cipali Tanpa Utang

Timses Jokowi: Ini Sandiwara yang Kasetnya Diputar Terus-Menerus

2 Januari 2019, 15:44:15 WIB

JawaPos.com – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan awal tahun 2019, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno sudah berani bicara tanpa data. Hal ini dikatakan Ace, setelah Sandiaga mengatakan bahwa proyek pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, dibangun tanpa utang sama sekali.

Ace mengatakan, berdasarkan data, dana pembangunan tol ini, antara lain, dibiayai sindikat 22 perbankan dan keuangan yang memasok Rp 8,8 triliun bagi PT Lintas Marga Sedaya, di mana PT Saratoga perusahaan Sandi pemegang saham bersama dengan perusahaan patungan dengan negara Malaysia.

“Disebutkan, dalam sindikasi itu, Bank Central Asia (BCA) dan Bank DKI menjadi kreditor terbesar sehingga menjadi pemimpin sindikasi tersebut. BCA mengucurkan Rp 3,3 triliun, sementara Bank DKI mengucurkan Rp 2,06 triliun. Apakah kucuran dana dari perbankan itu bukan utang?,” ujar Ace dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (2/1).

Pembangunan jalan tol Cikopo-Palimanan, sama dengan jalan tol lainnya, adalah dengan utang oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Yang berutang dalam hal ini adalah BUJT, bukan Pemerintah. Konsep tersebut sudah berjalan, saat ini ada lebih dari 50 Perjanjian Pembangunan Jalan Tol di seluruh Indonesia dgn total nilai investasi lebih dari Rp 500 triliun.

Skema seperti ini biasa dalam pembangunan Infrastruktur yang dikenal dengan Public Private Partnership (PPP). Model seperti ini dalam pembangunan infrastruktur sdh dijalankan di era Presiden Jokowi.

“Hal tersebut berlaku hampir semua proyek jalan tol di Jawa, tidak dengan utang pemerintah tapi dengan skema seperti ini. Sekali lagi ini menunjukkan Sandi tidak punya data,” katanya.

Oleh sebab itu, Sandi jelas mengulang-ulang sandiwara soal harga bahan pokok dan lapangan. Faktanya harga stabil bahkan pas natal dan tahun baru. Pengangguran terbuka menurun justru di era Jokowi.

“Ini sandiwara sandi yang kasetnya diputar terus menerus,” pungkasnya.

‎Sebelumnya, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menegaskan jika terpilih nanti tak akan bergantung pada utang. Dia mencontohkan proyek tol Cikopo-Palimanan yang bisa dibangun tanpa berutang.

“Bisa (tanpa utang), saya sudah membangun Cikopo-Palimanan 116 kilometer tanpa utang sama sekali,” kata Sandi.

Sebagai informasi, keterlibatan Sandiaga Uno di tol Cikopo-Palimanan melalui PT Lintas Marga Sedaya (LMS), operator tol tersebut.

Dia menambahkan alasan pemerintah tak bisa menerapkan hal ini lantaran ada kebijakan yang lebih berpihak pada penambahan utang.‎

Editor : Kuswandi

Reporter : (gwn/JPC)


Close Ads
Timses Jokowi: Ini Sandiwara yang Kasetnya Diputar Terus-Menerus