alexametrics

Donatur Perseorangan Prabowo-Sandi Rp 150 Juta, Badan Usaha Nihil

2 Januari 2019, 14:23:00 WIB

JawaPos.com – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno telah memberikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (2/1). Hasilnya, setoran dana sumbangan perseorangan sebesar Rp 150 juta, namun sumbangan yang berasal dari kelompok nihil.

Perlu diketahui, LPSDK kali ini di luar dana sumbangan kampanye dari pasangan calon Prabowo-Sandiaga yang berkisar Rp 42 M, dana sumbangan dari partai politik sebesar Rp 1,3 M dan dana sumbangan dari cruwd funding yakni galang perjuangan sebesar Rp 3,5 M.

Thomas Djiwandono selaku Bendahara BPN Prabowo-Sandi mengatakan, jumlah dana sumbangan perseorangan disebut berasal dari partisipasi aktif masyarakat. Uang itu didapatkan ketika Prabowo maupun Sandi berkampanye ke daerah selama empat bulan terakhir.

Bahkan, lanjut Thomas, sejumlah donatur itu menyumbangkan mulai dari Rp 8 ribu sampai dengan Rp 16 juta. Menariknya, donatur itu banyak dari kalangan ekonomi yang justru tengah sulit.

“Kami berterima kasih sekali, suatu animo yang luar biasa. Belum pernah kami lihat sebelum-sebelumnya,” kata Thomas.

Di sisi lain, Thomas tidak berburuk sangka dengan minimnya partisipasi kelompok atau badan usaha menyumbang dana kampanye ke Prabowo-Sandi. Dia bilang, masih ada beberapa bulan lagi untuk badan usaha ikut perjuangan paslon yang disingkat PAS tersebut.

“Kita masih 3,5 bulan sih mungkin nanti ada yang mau lagi. Tapi saya rasa ini lebih positif karena justru masyarakat yang membantu,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (aim/JPC)

Donatur Perseorangan Prabowo-Sandi Rp 150 Juta, Badan Usaha Nihil