alexametrics

ICW Desak KPK Umumkan Anggota DPR yang Belum Lapor LHKPN

1 April 2019, 19:03:51 WIB

JawaPos.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera mengumumkan nama-nama anggota DPR yang belum melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Seharusnya anggota DPR itu menjadi contoh bagi penyelenggara negara yang lain agar patuh lapor LHKPN,” ucap peneliti ICW Almash Sjafrina, Senin (1/4).

Almash juga menuturkan, pihaknya sangat menyayangkan sikap yang ditunjukkan oleh wakil rakyat, terkait masih ada sebanyak 224 anggota yang belum melaporkan harta kekayaannya. Sedangkan yang sudah lapor 312 anggota.

“Kami sangat menyayangkan, karena suka atau tidak suka, pelaporan LHKPN diwajibkan bagi seluruh penyelenggara negara,” imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta agar lembaga antikorupsi ini segera mengumumkan nama-nama penyelenggara negara yang belum lapor LHKPN. Permintaan itu bukan alasan kuat, sebab sebut dia hingga saat ini, banyak anggota DPR yang berstatus sebagai calon anggota legislatif.

Sehingga dia meminta, hal ini menjadi pertimbangan bagi pemilih sebelum memilih caleg untuk lima tahun kedepan. “Tentu kami mengharapkan anggota DPR patuh untuk melaporkan LHKPN dan karena banyak dari anggota DPR yang merupakan caleg, kami harap ini juga menjadi catatan khusus yang dipertimbangkan pemilih,” tukasnya.

Diketahui, penyerahan LHKPN ditutup kemarin (31/3) pada pukul 23.59 WIB. Kepatuhan anggota DPR dalam memberikan LHKPN masih terendah dibandingkan kategori lainnya.

“Tingkat kepatuhan LHKPN anggota DPR berada di angka 56,32 persen, anggota DPD, 75,76 persen dan anggota DPRD dari seluruh daerah, 60,27 persen,” pungkas juru bicara KPK Febri Diansyah, Senin (1/4).

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Intan Piliang



Close Ads
ICW Desak KPK Umumkan Anggota DPR yang Belum Lapor LHKPN