alexametrics

Closing Statement di Debat Keempat Dinilai Dinginkan Suhu Politik

Sentimen Positif Lebih Banyak untuk Jokowi
1 April 2019, 12:00:24 WIB

JawaPos.com – ‎Debat keempat pilpres yang berlangsung Sabtu (30/3) malam, kembali mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Sandi. Jalannya debat berlangsung sangat dinamis, namun ditutup dengan cair.

“Jokowi menyampaikan bahwa rantai persahabatan dengan pesaingnya itu tidak akan putus. Prabowo menegaskan persaudaraan di antara keduanya tidak akan putus. Penyataan dua capres ini mendinginkan suhu pilpres 2019 yang sempat panas,” ujar Direktur Konten Debat Keempat, Jokowi-Prabowo Dinginkan Suhu PilpresSamsul Arifin dalam keterangan tertulis yang ditermia JawaPos.com, Senin (1/4).

‎Samsul juga mengatakan, warganet mengapresiasi pernyataan kedua capres tersebut. Harapannya, elite dan masyarakat Indonesia yang telah terpolarisasi ke dalam dua kubu agar bisa meneladani kedua capres.

Samsul menambahkan, proses kampanye politik seringkali dilakukan secara dramatis. Di depan publik, mereka tampak gontok-gontokan. Padahal di luar itu bersahabat dan bersalam-salaman seperti saudara.

“Jadi, masyarakat Indonesia agar tidak terjebak pada konflik tersebut,” katanya.

Hasil penelusuran Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) di Google Trends periode 30 Maret 2019 untuk 4 jam terakhir pasca debat, yang dilihat sekitar pukul 23.00 WIB,‎ Prabowo Subianto lebih populer dibanding Joko Widodo. Popularitas Prabowo memuncak pada pukul 20.44 WIB.‎

Sementara itu, hasil penelusuran di media sosial periode 30 Maret 2019, Prabowo Subianto lebih banyak dibicarakan dibanding Jokowi. Meski Prabowo lebih banyak dibicarakan, namun sentimen positif lebih banyak terlihat pada pembicaraan tentang Jokowi.

Pembicaraan tentang Prabowo yang mengandung sentimen positif sebesar 41,82 persen, sentimen negatif 15,53 persen, dan 42,65 persen netral. Sedangkan untuk Jokowi, sentimen positif 48,34 persen, sentimen negatif 16,2 persen, dan 35,46 persen netral.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Closing Statement di Debat Keempat Dinilai Dinginkan Suhu Politik