JawaPos Radar

Soal Posisi Sekjen, Airlangga Diminta Jangan Galau Tentukan Pilihannya

01/01/2018, 16:56 WIB | Editor: Kuswandi
Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Pasca terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto masih bimbang dalam menentukan figur pejabat yang tepat untuk masuk ke struktur ke pengurusan partai berlambang beringin hitam itu. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah penunjukkan figur yang menempati kursi Sekretaris Jenderal.

Kabarnya, di dalam lingkaran internal partai Golkar pun sedang ada tarik menarik antar faksi kubu Jusuf Kalla dan kubu Luhut Binsar Panjaitan dalam menitipkan nama untuk menempati kursi nomor dua di Partai Golkar.

Menanggapi hal itu, Peneliti Senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, Airlangga tidak boleh dilematis dalam menghadapi berbagai tekanan dari berbagai faksi yang saat ini menghantuinya.

Pasalnya, menurut Siti, setelah kasus korupsi yang menimpa mantan ketumnya memporak-porandakan citra Golkar, yang paling terpenting saat ini adalah menempatkan figur yang tepat dalam kursi orang nomor dua di partai yang kini dipimpin oleh Airlangga.

"Mau tidak mau Golkar dituntut di internal dan eksternal untuk menampilkan sosok yang memang tidak hanya tepat, tapi juga berintegritas," kata Siti kepada JawaPos.com, Senin (1/1).

Sosok yang tepat itu, ungkap Siti, harus memiliki chemistry yang cocok dengan Airlangga, serta harus menegakkan prinsip sesuai dengan visi misinya, serta slogannya yang baru, yakni Golkar Bersih, Bersatu dan Bangkit.

Di sisi lain, sosok itu juga harus memiliki kemampuan dan kapabilitas dalam mengelola administrasi dan database. Sebab, jabatan Sekjen mempunyai peran yang krusial dalam mengurus secara keseluruhan dalam struktur kepartaian.

"Pak Airlangga tidak boleh salah pilih, dia harus memasukkan orang yang berada garda terdepan dalam mengelola administrasi dan database," pungkasnya.

 

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up