alexametrics

Beberapa Alasan Kamu Harus Kuliah

30 Juni 2022, 08:00:39 WIB

JawaPos.com – Jenjang pendidikan bisa sangat berdampak kepada kehidupan seseorang lho! Mungkin banyak yang berpikir “Buat apa kuliah? Kalo ga kuliah aja udah bisa sukses”, “Kuliah kan gak menjamin kesuksesan kita, buang-buang uang aja”, “Gausah kuliah, nanti nerusin usaha papa aja”, dan lain sebagainya.

Pada nyatanya, kita harus bersyukur apabila kita bisa diberikan kesempatan untuk merasakan pendidikan. Karena masih banyak di luar sana yang tidak bisa mengenyam pendidikan dengan layak dan pengetahuan merekapun menjadi terbatas. Meski pemerintah sudah mengeluarkan program 12 tahun wajib belajar, masih banyak rakyat Indonesia yang belum bisa menerimanya. Tidak sedikit juga untuk putus sekolah dan memilih untuk bekerja.

Mungkin dengan gelar yang didapat saat ini dan pekerjaan yang didapat, kita sudah merasa cukup. Nyatanya, dunia ini akan terus berjalan dan dunia akan terus berevolusi dan manusia-manusia juga demikian. Apabila kita tidak meningkatkan kualitas diri maka dengan gampang pula posisi kita dapat digantikan. Dengan memilih untuk kuliah, kita bisa mendapat ilmu yang lebih di semua aspek. Dan jenjang karir kita bisa semakin menjanjikan. Dengan ini, simak beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah!

1. Peluang Kerja Makin Besar
Semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin besar pula peluang kerja yang menanti. Makin tinggi kualitas orang tersebut, pasti semakin dia akan dicari oleh perusahaan-perusahaan, dan pihak-pihak lainnya yang bersangkutan. Karena apabila ingin mendapatkan kerja dengan posisi yang tinggi maka kamu harus bisa memenuhi semua kualifikasi yang dicari juga. Dimana kualifikasinya juga pasti tinggi karena beban dan tanggung jawabnya pun demikian.

2. Membuka Wawasan
Ketika kita memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan tentunya kita akan mendapatkan ilmu baru, kebiasaan yang baru, dn bahkan teman baru. Di area serba baru ini secara ttidak langsung merasakan berbagai hal yang semakin membuka wawasan kita. Baik dalam mendalami jurusan yang kita pilih, dalam bergaul dengan teman, dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan dari melanjutkan kuliah.

3. Meningkatkan soft skill
Pengertian soft skill sendiri adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Lalu apa bedanya dengan hard skill? Hard skill adalah suatu kemampuan seseorang yang lebih mengarah ke sesuatu yang spesifik dan tidak semua orang dapat menguasainya. Contoh, kemampuan untuk menggambar, memahami rumus matematika ataupun fisika yang rumit, kemampuan dalam menguasai suatu bahasa, dan masih banyak lagi. Kenapa dengan kuliah bisa menguasai soft skill? Karena ketika mulai memasuki dunia perkuliahan, kita sudah berada ditahap peralihan menuju dewasa. Dimana tanggung jawab kita lebih banyak, lebih berat, dan jadwal kegiatanpun akan menjadi semakin padat.

Disini kita memperlukan soft skill untuk memastikan semua kegiatan kita yang padat bisa berjalan dengan lancar. Contoh soft skill diantaranya ada pintar dalam mengatur waktu, cara berkomunikasi dengan orang, dan kecerdasan untuk mengatur emosi. Dengan terjun kedalam dunia perkuliahan, pasti soft skill kita akan semakin terasah untuk persiapan kita menuju jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu dunia bekerja.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini: