alexametrics

IPB University, Branding Baru Institut Pertanian Bogor

30 Januari 2019, 13:52:18 WIB

JawaPos.com – Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan perubahan penyebutan terjemahan namanya dalam Bahasa Inggris menjadi IPB University. Perubahan brand disampaikan pada Rabuan Bersama Awal Tahun bertema ‘Maju Bersama Menuju IPB Future 4.0’ di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor (30/1).

Rektor IPB University Arif Satria mengatakan, universitas perlu berhenti sejenak dan mengevaluasi sejauh mana brand perguruan tingginya diterima khalayak. Begitu pun brand IPB saat ini di mata stakeholders-nya.

“Kita perlu mengevaluasi ‘kesehatan’ sebuah brand yang dianalogikan dengan menguji seberapa berartinya brand tersebut di mata stakeholders-nya,” ujarnya di lokasi.

Adapun sejak lama telah ada dualisme dalam terjemahan Institut Pertanian Bogor ke Bahasa Inggris. Walaupun terjemahan yang lebih sesuai adalah Bogor Agricultural Institute, sudah lama IPB menggunakan terminologi “Bogor Agricultural University” dalam bahasa Inggrisnya.

Alasan terpilihnya kata University diawali dengan pemikiran bahwa telah lama IPB menawarkan program studi yang lebih banyak dan luas, lebih dari aspek pertanian dan kelautan saja. Namun, karena terasa lebih panjang, maka disederhanakan menjadi IPB University.

Hasil studi eksplorasi stakeholders memberikan masukan bahwa kata ‘Pertanian’ dalam ‘Insitut Pertanian Bogor’ sering diartikan secara sempit oleh calon mahasiswa maupun orang tuanya. Hal itu lantaran tawaran dari lembaga pendidikan ini sudah lebih banyak lagi, sehingga kata IPB University akan mempunyai asosiasi yang lebih luas dan menjanjikan value yang lebih tinggi.

“Ada beberapa corporate brand yang menempuh strategi ini untuk memberikan simplicity dalam pengucapannya tetapi lebih solid dalam exposurenya dan menjelaskan janji brand nya. Untuk itulah IPB mengubah brand Bogor Agricultural University menjadi IPB University,” terang Arif.

Adapun kegiatan rebranding ini juga melihat kebutuhan baru para future students dan stakeholder lainnya. Slogan lama ‘Searching and Serving the Best’ dirasakan sudah menjadi sebuah keharusan dan kekuatan Institusi.

Hasil kajian ilmiah tentang perubahan brand IPB tersebut sudah disampaikan dalam berbagai pertemuan dengan stakeholder, termasuk dalam rapat Senat Akademik. Selanjutnya, sebutan Bahasa Inggris dan tagline baru ini akan disahkan melalui keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) IPB.

Editor : Kuswandi

Reporter : Yesika Dinta



Close Ads
IPB University, Branding Baru Institut Pertanian Bogor