alexametrics

Dengan Wirausaha Pondok Modern Al-Rifa’ie Siap Dirikan Rumah Sakit

29 Oktober 2020, 16:47:46 WIB

BERDIRI sejak 2013, Pondok Modern Al-Rifa’ie 2, Malang, berhasil mendirikan tujuh unit lembaga pendidikan formal. Mulai tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi (PT). Semua terakreditasi A. Artinya, setiap tahun mereka berhasil menelurkan satu lembaga pendidikan baru.

Kenyataan itu menunjukkan bahwa Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 berkembang begitu cepat. Di awal berdiri pada 2013, Al-Rifa’ie hanya memiliki 26 santri. Kini 2.500 santri menuntut ilmu di pesantren di Gondanglegi, Kabupaten Malang, tersebut.

Kali pertama didirikan, Al-Rifa’ie hanya memiliki 40 karyawan. Kini sudah ada 400 karyawan. ”Ini hasil ikhtiar, doa, dan takdir Allah,” ujar KH A. Muflih Azam, pimpinan Pondok Modern Al-Rifa’ie 2, saat ditemui di kediamannya.

Bukan hanya sektor pendidikan yang berkembang pesat. Unit usaha pesantren itu juga makin besar. Di bawah naungan koperasi pondok pesantren (kopontren), Al-Rifa’ie kini merambah berbagai lini bisnis. Mulai lembaga keuangan syari’ah (BMT), transportasi, peternakan, perikanan, hingga properti. Khusus untuk unit usaha lembaga keuangan, perputaran uang sudah mencapai Rp 150 juta per bulan. Atau sekitar Rp 2 miliar per tahun.

BMT Al-Rifa’ie selama ini menerapkan sistem administrasi keuangan yang begitu rapi dan terstruktur. Itu pula yang membuat kegiatan keuangan di lembaga tersebut dapat berjalan bersamaan. Meski, ada dua lini berbeda di dalam lembaga tersebut. Yaitu, lini sosial kemasyarakatan dan komersial.

Kiai yang juga doktor ekonomi lulusan dari Universitas Brawijaya Malang itu menjelaskan, pesantren mengembangkan unit bisnis untuk kemandirian pesantren itu sendiri. Sebab, lembaga pesantren memang harus kuat, mandiri, dan menjadi pelopor ekonomi.

Dalam waktu dekat, Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 mengembangkan beberapa unit usaha baru. Salah satunya adalah penyewaan gedung serbaguna. Selain itu, pada 2022 Al-Rifa’ie akan mendirikan rumah sakit. Itulah bentuk pengabdian kepada masyarakat di sektor kesehatan. Lahan untuk dua rencana tersebut sudah disiapkan. ”Mohon doanya semoga lancar,” tutur Kiai Muflih.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : irr/c14/oni



Close Ads