alexametrics

Cegah Kekerasan Seksual, Perlu Pengenalan Bagian Tubuh sejak Usia Dini

28 Juli 2022, 19:16:43 WIB

JawaPos.com – Pengenalan bagian-bagian tubuh sejak usia dini, menjadi perhatian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag. Pasalnya sejumlah kasus kekerasan seksual kerap muncul diawali dengan eksploitasi bagian tubuh korbannya.

Penasehat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut mengajak berbagai pihak untuk mengoptimalkan pelindungan anak. Sejalan dengan Tema Hari Anak Nasonal 2022 yaitu, Anak Terlindungi, Indoensia Maju. Istri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu mengatakan pentingnya mengajarkan anak-anak tentang pengenalan anggota tubuh dan pentingnya menjaga diri.

Pesan ini disampaikan dengan mendemonstrasikan melalui alat peraga boneka. Serta mengenalkan empat bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Yaitu bibir, dada, serta dari perut sampai lutut. “Concern kami adalah perlunya menggalakkan ikhtiar pelindungan terhadap anak-anak,” kata Eny di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Falah, Pabuaran, Bojongede, Bogor pada Kamis (28/7).

Menurut Eny, edukasi seperti ini perlu terus digaungkan untuk melindungi anak-anak. Terutama dari kekerasan seksual yang bisa dimulai dari mengenalkan mereka Anggota Tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh. Dia juga mengatakan, sebagian orang tua masih mengaggap edukasi soal bagian tubuh itu tabu dan tidak pantas untuk diajarkan kepada anak-anak.

Eny juga berpesan agar anak-anak sejak awal perlu ditanamkan pentingnya menjaga diri dari usia sedini mungkin. Untuk menarik perhatian anak-anak, Edukasi bisa dikemas dalam bentuk lagu dan memberikan pengertian sesuai dengan rentang usia anak. Ia juga mengimbau semua pihak, terutama orangtua untuk memberikan kasih sayang sesuai porsi yang anak-anak butuhkan dan menjamin kesehatan mental anak.

’’Orang tua harus up to date,” tandasnya. Karena anak-anak saat ini tengah hidup di zamannya dan dengan tantangannya sendiri. Para orang tua harus meningkatkan edukasi kepada anak-anaknya. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini: