alexametrics

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Lewat Kurikulum Merdeka

28 April 2022, 10:12:30 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo menyebut, perubahan paradigma kurikulum merupakan salah satu kebijakan kementerian. Melalui program ini diharapkan tercapai cita-cita Merdeka Belajar untuk mewujudkan pendidikan berkualitas.

Anindito menjelaskan terdapat dua dimensi dalam upaya mewujudkan cita-cita tersebut melalui Kurikulum Merdeka, yaitu dimensi kualitas dan keadilan.

“Pada dimensi kualitas, kita ingin memastikan agar semua anak, semua peserta didik, mendapatkan pengalaman belajar yang membuat mereka bisa memiliki karakter dan kompetensi yang diperlukan untuk menghadapi masa depannya. Inilah definisi pendidikan yang berkualitas,” kata Anindito kepada wartawan, Kamis (28/4).

Untuk dimensi keadilan, Kemendikbudristek ingin memastikan bahwa kesempatan mendapatkan pendidikan berkualitas dapat diberikan secara adil kepada semua anak. Terlepas dari latar belakang sosial, ekonomi, budaya, atau di mana mereka tinggal. Oleh karena itu, kebijakan Merdeka Belajar mempunyai nuansa atau sifat asimetris.

“Kita ingin memberi target, intervensi, dan program yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Jadi program-program yang kita rancang itu tidak dimaksudkan untuk menyeragamkan intervensinya, tapi justru untuk memberi ruang bagi intervensi yang kontekstual,” jelasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads