alexametrics

UU Pesantren Akan Jadi Kado Istimewa Hari Santri

27 September 2019, 20:14:18 WIB

JawaPos.com – Pengasuh, pengelola, dan orang-orang yang selama ini mengabdikan dirinya di pondok pesantren begitu gembira. Kini pesantren sudah mendapat pengakuan besar dari negara, seiring dengan disahkannya UU Pesantren.

Kehadiran UU Pesantren bakal menjadi kado istimewa pada peringatan Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober mendatang. Apresiasi dengan kegembiraan atas UU Pesantren itu dilontarkan oleh Gus Jauharul Maknun, pengasuh Pondok Pesantren Al Aly Kalitidu Bojonegoro, Jawa Timur.

Gus Jauharul menyebut, UU Pesantran bisa menjadi dasar bagi negara untuk memberikan perhatian lebih besar kepada pesantren. Kehadiran negara akan semakin terasa bagi kalangan pesantren. Baik bagi santri maupun pesantren sebagai sebuah lembaga pendidikan.

“Hari Santri tahun ini akan semakin istimewa karena mendapat kado istimewa. UU Pesantren menjadikan pondok memiliki payung hukum yang lebih kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” kata Gus Jauharul kepada JawaPos.com, Jumat (27/9).

Gus Jauharul menambahkan, pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia yang khas. Lembaga pendidikan itu memiliki karakter yang unik dan mengandung nilai-nilai unik keislaman ala Nusantara. Kekhasan, karakter, dan nilai-nilai pesantren ini diharapkan semakin kuat seiring telah disahkannya UU Pesantren.

“Kami yakin dengan hadirnya UU ini negara semakin hadir untuk pesantren. Para pengasuh pesantren pun akan mempunyai tambahan motivasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pesantren guna menghasilkan alumni yang berwawasan luas dan beriman kuat,” jelas dia.

Menurut dia, para santri yang menjadi anggota DPR seperti dari Fraksi PPP yang sejak 2013 menginsiasi UU Pesantren perlu diapresiasi. “Saya yakin untuk mengegolkan UU ini penuh dengan rintangan, namun bertahun-tahun mereka bertahan sehingga UU Pesantren akhirnya disahkan.”

Editor : Ilham Safutra



Close Ads