alexametrics

Kurikulum Baru Bakal Diberlakukan Tahun Depan

Nadiem Janjikan Platform Pelatihan Guru
26 November 2021, 12:03:57 WIB

JawaPos.com – Tradisi ganti menteri ganti kurikulum bakal berlanjut pada era Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Kurikulum anyar itu diterapkan secara terbatas tahun ini dan diberlakukan secara nasional tahun depan.

Sinyal akan adanya kurikulum baru tersebut disampaikan Nadiem dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Jakarta, Kamis (25/11). ’’Kita akan mulai menawarkan kurikulum yang jauh lebih merdeka. Sekarang lagi dites di sekolah-sekolah penggerak,’’ katanya.

Menurut Nadiem, kurikulum baru nanti lebih mudah dimengerti guru. Selain itu, kurikulum yang rencananya diterapkan mulai tahun depan itu lebih fleksibel. Dengan begitu, guru boleh mengadaptasi penerapan kurikulum tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan setiap murid.

Lalu, kurikulum baru itu memberi guru kesempatan berkreasi dan berinovasi sehingga pembelajaran lebih mudah. ’’Jadi, kita bukan ganti menteri ganti kurikulum. Tidak,’’ tegasnya.

Dia menjelaskan, kurikulum yang kementerian tawarkan tahun depan adalah kurikulum yang kembali memberikan kemerdekaan kepada guru.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem mengungkapkan bahwa pemerintah akan meluncurkan berbagai macam platform teknologi. Kegiatan itu tidak sekadar bagi-bagi laptop dan proyektor dalam jumlah besar. ’’Tapi, kita juga akan memberikan pelatihan online yang bisa diikuti guru-guru secara mandiri. Sesuai dengan kebutuhannya,’’ jelasnya.

Melalui platform belajar atau pelatihan secara online tersebut, guru tidak hanya belajar teori. Namun, guru juga belajar pengalaman praktis dari guru lainnya. Menurut Nadiem, pengalaman yang relevan itu menjadi kunci dalam pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuannya.

Terpisah, pengamat pendidikan Indra Charismiadji menyayangkan kebiasaan ganti menteri ganti kurikulum yang kembali berlanjut pada era Nadiem. ’’Ini bukti tidak memahami problematika pendidikan di Indonesia,’’ ujarnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (wan/c14/fal)

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads