alexametrics

Melirik Inovasi Printer 3D Kreasi Fakultas Teknik UGM

26 Februari 2019, 20:42:29 WIB

JawaPos.com – Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mulai memproduksi printer 3D. Printer tersebut dihasilkan dari hasil riset yang dilakukan sejak 2014 oleh dosen berkolaborasi dengan mahasiswa beserta alumni.

Dosen yang menginisiasi riset mengenai printer 3D ini adalah Herianto. “Jika berbicara mengenai robotika atau mobil listrik, kita mungkin sudah didahului kampus lain. Oleh karenanya, untuk printer 3D saya ingin UGM menjadi pelopornya,” kata Herianto, dosen Teknik Mesin dan Industri UGM dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/2).

Heri mengaku awalnya memulai dengan membeli produk Printer 3D secara impor. Dari produk yang dibelinya itu, ia bersama timnya kemudian membongkarnya. Kemudian dipelajari komponen yang ada di dalamnya. Hasilnya selama 1 tahun berjalan, timnya berhasil membuat 1 prototipe awal printer 3D karyanya sendiri.

Melirik Inovasi Printer 3D Kreasi Fakultas Teknik UGM
Hasil dari printer 3D ciptaan Fakultas Teknik UGM (dok. Humas UGM Jogja)

Kemudian terus dikembangkan dalam beberapa tipe. Yakni jenis kartesian, delta dan scara. “Ketiganya berbeda pada konstrusi mekanik dan kinematikanya. Tipe kartesian sendiri terdiri dari beberapa turunan seperti corexy, dan h-bot. Kami coba kembangkan apapun yang dibutuhkan,” ucapnya.

Saat ini, lanjut dia, riset telah mencapai tahap produksi. Mengejar sebanyak seribu mesin dalam 1 tahun. “Produk ini sudah dipakai oleh beberapa universitas, akademi, politeknik, SMK, serta beberapa UMKM,” katanya.

Ia juga berharap risetnya ini mendapat dukungan dari pemerintah. Sebelumnya pada 2018 lalu, tim sudah diminta oleh Direktorat Pembinaan SMK untuk membina 50 SMK di Indonesia. Kali ini, ia ingin mendapat dukungan dari Kementrian Perekonomian, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Tenaga Kerja agar produknya ini bisa menembus pasar.

“Melalui Printer 3D ini kami ingin menunjukkan bahwa ini adalah murni karya anak bangsa dan nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemajuan Indonesia sendiri,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat



Close Ads
Melirik Inovasi Printer 3D Kreasi Fakultas Teknik UGM