alexametrics

Menag Minta Perguruan Tinggi Tidak Jadi Menara Gading

25 Oktober 2021, 14:45:07 WIB

JawaPos.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan perguruan tinggi tidak boleh abai dengan lingkungan sekitar. Menurutnya, perguruan tinggi harus bisa memberi asupan gizi, dalam arti ilmu bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kampus tidak boleh menjadi menara gading (mau enaknya saja). Sudah selayaknya (kampus) menjadi asupan gizi masyarakat yang ditunggu stakeholder yang akan memanfaatkannya,” ungkap dia dalam acara virtual Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), Senin (25/10).

Hasil riset kampus, kata dia harus bisa memberdayakan masyarakat. Gelaran Aicis ini pun juga dapat dimanfaatkan menjadi wadah kolaborasi yang menghasilkan solusi di masyarakat.

“Dunia kampus bisa terhubung dengan pasar, sehingga hasil risetnya daapat berdampak nyata,” ungkapnya.

Dirinya mengharapkan gelaran ini dapat mengembangkan dunia riset dari perguruan tinggi, sehingga perguruan tinggi dapat mengeluarkan ide cemerlang yang mampu berkontribusi dalam pertimbangan kebijakan publik.

“Bangsa ini perlu gagasan segar untuk perubahan yang lebih baik dengan karya yang bermutu,” tandas dia.

Sebagai informasi, Kemenag kembali menggelar Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS). Gelaran kali ke-20 ini berlangsung di Kota Surakarta dengan tuan rumah UIN Raden Mas Said, mengusung tema “Islam in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy”.

Aicis merupakan forum diskusi dosen dan peneliti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang diharapkan memberikan kontribusi teoritik dan praktik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang tengah di hadapi bangsa, utamanya dalam merespons perubahan global.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads