alexametrics

Vaksinasi Belum Rampung, Sekolah Bisa Tatap Muka, tapi Ada Syaratnya

24 Juni 2021, 05:05:16 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa target vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan akan rampung pada Agustus 2021. Namun, di Juli nanti diharapkan sekolah wajib untuk menyediakan opsi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Mengenai itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Jumeri mengatakan, bagi sekolah yang belum selesai vaksinasi, mereka tetap boleh melaksanakan tatap muka.

“Jadi bagi sekolah yang belum divaksinasi, sesuai SKB 4 Menteri diperbolehkan untuk menyelenggarakan tatap muka,” jelasnya dalam Bincang Pendidikan, Rabu (23/6).

Tentunya penyelenggaraan itu perlu memperhatikan situasi penyebaran covid. Artinya, kebijakan ini tidak kaku atau hanya sebatas selesai vaksin, namun ada juga faktor lain, seperti kondisi daerah.

“Misalnya hari ini menyatakan boleh PTM, mungkin minggu depan tidak boleh, ini dinamis, jangan risau jika ada sekolah yg terpaksa belum bisa PTM,” kata dia.

Pembukaan sekolah meskipun belum vaksinasi itu menurutnya bukan menjadi masalah besar sepanjang pemerintah daerah tetap mengikuti tingkat bahaya yang ada di daerahnya. Apalagi kepala daerah tentunya akan mengutamakan keselamatan rakyatnya.

“Tidak usah dipermasalahkan jika ada gubernur, bupati, walikota yang menghentikan PTM, pasti pak gubernur, pak bupati, pak walikota, beliau adalah yang berpikir tentang rakyat, percaya pada pemerintah kita, kita akan berpikir soal masyarakat. Kita harus punya keyakinan ini,” tandasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads