alexametrics

Universitas Indonesia Dukung Implementasi Permendikbudristek PPKS

23 November 2021, 18:49:32 WIB

JawaPos.com – Dugaan kasus kekerasan seksual terus bermunculan seiring dengan berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi (Permendikbudristek PPKS) sebagai program Merdeka Belajar.

Salah satu kasus yang tengah hangat diperbincangkan adalah dugaan kekerasan seksual oleh guru besar Universitas Indonesia (UI) kepada salah seorang mahasiswi. Untuk itu, dari pihak UI juga mengakui bahwa terbitnya Permendikbudristek PPKS akan membawa perubahan bagi lingkungan di perguruan tinggi.

“UI menyambut baik terbitnya Permendikbudristek 30/2021 yang mengatur secara khusus dan terperinci, mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi,” ujar Sekretaris Universitas UI Agustin Kusumayati dalam keterangannya, Selasa (23/11).

Karena peraturan, mekanisme dan prosedur yang selama ini dilaksanakan di UI mengatur tata laksana dugaan pelanggaran Kode Etik dan Kode Perilaku secara umum, pihaknya pun akan melakukan penyesuaian sebagaimana arahan Permendikbudristek PPKS.

“Sesuai dengan Permendikbudristek 30/2021, UI akan menyelenggarakan upaya pencegahan kekerasan seksual di lingkungan UI, melalui 3 jalur, yaitu melalui pembelajaran, penguatan tata kelola, dan penguatan budaya komunitas,” jelas dia.

Kata Agustin, modul pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek juga akan diintegrasikan ke dalam kurikulum. Selain itu pun akan dipromosikan melalui berbagai kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads