alexametrics

Kuatkan Daya Saing Bangsa lewat Inovasi Akademik

23 November 2019, 08:00:19 WIB

Universitas Gadjah Mada (UGM) lahir pada 70 tahun lalu dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan Bangsa Indonesia. UGM pun didaulat sebagai balai nasional ilmu penge­ tahuan dan kebudayaan saat didirikan pada periode awal kemerdekaan. Terutama bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional. Berpegang pada semangat yang sama, UGM hari ini mengemban tanggung jawab dalam mendukung cita­cita pem­ bangunan nasional.

Semangat itu juga tercermin pada peringatan Lustrum XIV atau Dies Natalis ke­70 tahun ini. Tema yang diusung adalah Inovasi Akademik dalam Bingkai NKRI Guna Penguatan Daya Saing Bangsa dengan tagline Innovating Education, Strengthening Our Nation. Puncak peringatan Lustrum XIV UGM akan diadakan pada 19 Desember 2019, tepat pada peringatan ulang tahun UGM.

”Lustrum kali ini semangatnya inklusif. Acara yang diadakan tidak hanya dari kita untuk kita, tapi dari kita untuk Bangsa Indonesia,” ucap Ketua Panitia Lustrum Dr Paripurna SH MHum LLM.

Lustrum XIV UGM diisi berbagai kegiatan akademik dan nonakademik yang berlangsung hingga Desember mendatang. Di antaranya berbagai perlombaan seni dan olahraga, laun­ ching Wayang Gadjah Mada, festival gamelan, UGM Faculty Fair, nonton bareng video dokumenter, konser 70 tahun UGM Gemilang, festival batik nusantara, gowes jarak jauh, pelun­ curan buku The Magic of 70, pementasan wayang kulit, dan Nitilaku.

Tepat pada pembukaan Lustrum 19 Juli lalu, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono MEng Deng IPU turut melun­ curkan Health Promoting University (HPU). Program itu menjadi salah satu upaya UGM mewujudkan kampus sehat bagi seluruh civitas academica. Panut menyampaikan bahwa per­ guruan tinggi diharapkan ikut mem­ promosikan perilaku hidup sehat. Termasuk menjadikan kampus sebagai lingkungan sehat.

”Dengan HPU ini, kita merancang bagaimana mengelola universitas, menjalankan visi dan misi agar semua­ nya mengarah pada kegiatan yang membuat diri kita sehat baik secara fisik maupun mental,” tutur Panut.
Inisiasi HPU diharapkan dapat mendorong berkembangnya gaya hidup sehat. Lingkungan kampus dapat menjadi titik awal dan berakhir dengan memberikan dampak yang luas ke masyarakat.
Semangat hidup sehat di kampus juga diutarakan pengajar di Fakultas Kedokteran, Keperawatan, dan Kese­ hatan Mayarakat Prof Dra Yayi Suryo Prabandari MSi PhD. Segenap civitas academica, terutama dosen dan tenaga kependidikan, wajib mengikuti kegia­ tan olahraga yang rutin dihelat di setiap fakultas atau unit kerja.

Memperhatikan asupan makanan menjadi rekomendasi lain dari Yayi. ”Olahraga kalau bisa dilakukan setiap hari. Usahakan juga makan 3 porsi sayur dan 2 porsi buah setiap hari dan hindari makan gorengan,” terangnya.

UGM juga menggandeng Mahidol University untuk mewujudkan kam­ pus sehat. Mahidol University meru­ pakan representasi HPU di tingkat ASEAN melalui program twin center. Program twin center HPU itu ber­ tujuan mengembangkan universitas percontohan antara UGM dan Universitas Mahidol.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ARM



Close Ads