alexametrics

Universitas Negeri Bukan Penjamin Kesuksesanmu!

23 Juni 2022, 10:00:07 WIB

JawaPos.com – Akhir-akhir ini dunia pendidikan memang sedang berada di momen hiruk-pikuk. Berbagai instansi pendidikan berlomba-lomba menawarkan tempat untuk melanjutkan pendidikan, dengan menonjolkan sistem pendidikan mereka, fasilitas, hingga koneksi yang bisa didapatkan apabila calon pendaftar memilih tempat tersebut.

Selain dari tawaran di atas, para calon pendaftar pastinya juga disuguhkan dengan beragam pertimbangan. Di antaranya ada jurusan yang diminati, lokasi, hingga kebutuhan sehari-hari mereka. Karena, memilih tempat untuk melanjutkan pendidikan sangat berpengaruh dalam berbagai hal. Belum lagi tuntutan orang tua untuk melanjutkan di instansi pendidikan tertentu, contohnya harus masuk universitas negri! Padahal, tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk putus di tengah jalan karena kurang sesuai dengan apa yang mereka pilih sebelumnya, miris bukan?

Setelah menentukan pilihan, seringkali juga orang-orang di sekitar kita, bahkan yang terdekat pun masih meragukan pilihan kita. Ada yang tiba-tiba bisa meramal masa depan kita, mengatakan bahwa kita tidak akan sukses apabila melanjutkan pendidikan di universitas swasta atau menggeluti jurusan tersebut. Padahal, banyak alumni universitas swasta yang setelah lulus langsung mendapatkan pekerjaan atau bahkan sebelum lulus sudah mendapatkan banyak tawaran pekerjaan yang menanti.

Perlu kita ketahui bahwa kunci sukses kembali kepada diri kita sendiri, tidak tercermin dari
universitas yang kita pilih, jurusan yang diambil, apalagi pendapat orang-orang di sekitar kita. Kalian bisa menerapkan beberapa tips ini untuk membangun jalan kesuksesan kalian sendiri, di antaranya:

1. Percaya Diri
Kepercayaan diri merupakan modal terkuat yang kalian punya. Konon katanya apabila kamu percaya diri, kamu sudah 50% menang. Wow! Kalau kamu sudah percaya diri itu artinya kamu akan yakin dengan setiap keputusan yang kamu ambil. Karena, hal ini akan memengaruhi dalam setiap keputusan yang kamu ambil untuk ke depannya.

2. Pembawaan Diri
Pembawaan diri sangat penting untuk memberikan kesan pertama yang baik ketika bertemu dengan orang baru. Kita harus tahu bagaimana cara untuk menempatkan diri di mana pun kita berada, baik di sekolah atau universitas, di tempat ibadah, atau ketika sedang bersama teman-teman.

3. Profesional
Profesional dan bertanggung jawab juga diperlukan untuk kita membangun kesuksesan. Mungkin pekerjaan yang diberikan di awal terlihat sepele, tetapi kita harus tetap mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab. Apabila kita bisa menyelesaikan dengan baik, tentunya kita akan diberikan tanggung jawab yang lebih seiring berjalannya waktu.

4. Berbaur
Sebagai makhluk sosial kita tidak dapat hidup sendiri, kita akan terus membutuhkan orang
lain dalam segala hal. Maka dari itu penting bagi kita untuk berbaur dan memilih teman yang tepat untuk saling membantu dan menciptakan kebiasaan yang baik. Perlu diingat pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik, jadi bijaklah dalam berteman ya!

5. Manajemen Waktu
Waktu adalah satu-satunya di dunia ini yang tidak dapat dibeli dengan uang. Setiap keputusan yang dibuat sangat berharga dan berisiko di waktu yang bersamaan. Dengan kesibukan yang melanda, sering kali kita kesusahan untuk mengatur waktu. Maka dari itu akan lebih baik bila kita bisa menentukan prioritas ya!

Jadi, apakah kamu masih meragukan potensi dirimu? Masih meragukan kesuksesanmu kalau kamu masuk universitas swasta? Tentunya tidak!

Maka dari itu masih belum terlambat untuk kalian mendaftar ke universitas swasta. Salah satunya adalah Universitas Kristen Maranatha yang terletak di Kota Bandung, kota terbesar ketiga di Indonesia dan merupakan pilihan yang tepat untuk kalian mendapatkan berbagai pengalaman dan bertemu dengan berbagai orang juga!

Universitas Kristen Maranatha terletak di tempat yang sangat strategis, dekat dengan Tol Pasteur, Mall Paris van Java dan masih banyak lagi. Jangan khawatir untuk biaya pendidikannya! Saat ini masih terbuka pendaftaran untuk kalian, dan juga menyediakan beasiswa khusus jalur UTBK!

Pendaftaran ditutup pada akhir bulan Agustus tahun 2022, dengan potongan beasiswa untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi hingga Rp 20 juta, dan potongan hingga Rp 10 juta untuk Fakultas selain FK & FKG.

Pendaftaran bisa melalui website join.maranatha.edu Segera daftarkan dirimu sekarang sebelum kuotanya terpenuhi ya! Untuk kontak lebih lanjut bisa melalui Whatsapp Official di 081112006543 dan Instagram @joinmaranatha, kami tunggu di Maranatha ya!

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads