alexametrics

Pengamat Nilai Konflik Kepentingan Sektor Pendidikan Sangat Besar

22 November 2021, 18:37:31 WIB

JawaPos.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam kajiannya menemukan bahwa negara diduga rugi sebesar Rp 1,6 triliun dari sektor pendidikan. Dikatakan juga bahwa sektor tersebut merupakan salah satu penghuni lima besar pelaku tindak pidana korupsi.

Mengenai itu, Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji menuturkan bahwa itu memang nyata adanya terjadi saat ini. Sebab menurutnya, di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudistek) banyak konflik kepentingan.

“Kalau kita lihat dalam-dalamnya Kemendikbud saat ini, konflik kepentingannya sangat besar. Dan itu potensi dari korupsi,” tutur Indra kepada JawaPos.com, Senin (22/11).

“Coba saja kita perhatikan siapa pejabat-pejabat eselon 1 yang ada disana, nanti akan terlihat kok siapa yang bermain,” sambungnya.

Kata dia, salah satu bukti konkrit adanya korupsi dalam sektor pendidikan adalah tidak meningkatnya kualitas pendidikan di Tanah Air. Padahal, anggaran Kemendikbudristek sendiri adalah salah satu yang terbesar, yakni Rp 81,5 triliun pada 2021, kemudian banyak program yang sudah diluncurkan.

“Kita pakai indikator yang sederhana aja deh. Kualitas pendidikan Indonesia semakin hari semakin turun tetapi anggarannya semakin naik, apa artinya? Sekarang (korupsi) lebih parah sepertinya (jaman Mendikbudristek Nadiem Makarim),” tuturnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads