alexametrics

Pendidikan Tatap Muka Akan Digelar di DKI bagi Sekolah yang Sudah Siap

22 November 2020, 17:03:29 WIB

JawaPos.com – Pemerintah melalui penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri memperbolehkan sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan pada 2021. Di mana pemerintah daerah yang diberikan kewenangan atas pembukaan sekolah tersebut.

Mengenai hal itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Nahdiana menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan pembukaan sekolah di Januari mendatang. Namun, tentunya sekolah akan dievaluasi kesiapannya terlebih dahulu.

Adapun, kesiapannya antara lain adalah ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi dan kebersihan, mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, memiliki thermogun, lalu memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang berpotensi menimbulkan penularan serta mendapatkan persetujuan orang tua atau wali.

’’Kami akan memutuskan bahwa Januari ini dibuka bagi sekolah yang memang sudah siap,’’ terang dia dalam webinar Persiapan Buka Sekolah di Tengah Pandemi, Minggu (22/11).

Pembukaan sekolah ini, kata dia juga mempertimbangkan kesehatan anak tersebut. Jika tidak, maka sekolah tidak diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. ’’Tentunya anak-anak harus sehat dulu sebelum dia belajar, itu yang akan kami sampaikan ya, sehat dulu atau nanti sekolahnya ngga dibuka di Januari,’’ ucapnya.

Meskipun mengatakan akan melakukan pembukaan sekolah, untuk berapa jumlah yang akan dibuka, pihaknya akan melakukan asesmen terlebih dahulu terhadap kesiapan satuan pendidikan dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Dia meminta agar SKB Empat Menteri ini dijadikan acuan sekolah untuk bisa kembali dibuka.

’’Insya Allah dengan assessment kami, kami ada beberapa sekolah (buka) ketika dia siap, itu yang kami tidak bisa disampaikan saat ini apakah sekolah ini bisa dibuka. Patokannya adalah kesiapan secara protokol kesehatan,’’ tutur dia. (*)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads