alexametrics

Kadisdik DKI Minta Gubernur Anies Buat Kebijakan Buka Sekolah

22 November 2020, 18:03:04 WIB

JawaPos.com – Mendikbud Nadiem Makarim telah mengumumkan akan mulai kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah pada Januari 2021. Namun, semua kewenangan pembukaan sekolah akan diberikan kepada pemerintah daerah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Nahdiana menuturkan, pihaknya lebih dulu akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal tindaklanjut Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

“Kami akan melakukan finalisasi ini (SKB), agar bisa segera memberikan laporan kepada Bapak Gubernur untuk disampaikan menjadi sebuah keputusan (regulasi),” ujar Nahdiana dalam webinar Persiapan Buka Sekolah di Tengah Pandemi, Minggu (22/11).

Selain itu, Nahdiana juga menegaskan pihaknya tidak perlu perayaan yang berlebihan dalam pembukaan sekolah ini. Sebab, pelaksanaan PTM ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bukan seperti di masa normal.

Oleh karena itu, Nahdiana berharap, agar warga pendidikan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan ketika PTM berlangsung. “Tidak serta-merta ketika sekolah ini dibuka, karena ketika kita bicara protokol kesehatan saja, kelas yang selama ini ada itu luasnya didesain untuk rasio 30 sampai 36, maka ketika akan kembali ke sekolah, kita tidak penuh,” jelasnya.

Kata dia, perlu pembiasaan penerapan protokol kesehatan, di mana rumah dengan sekolah saling bersinergi. Harapannya pun, protokol kesehatan ini dapat terlaksana dengan baik jika ada kolaborasi berbagai pihak.

“Ada juga harmonisasi antara rumah, sekolah dan kami di disdik, kenapa, karena pembiasaan ini adalah tidak serta merta ketika kembali ke sekolah kita berfokus (belajar), semua mengarah kesiapan (protokol kesehatan),” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads