alexametrics

Siapkan SDM Berkualitas, UP Buka Prodi Teknik Perkeretaapian

22 November 2019, 16:30:30 WIB

JawaPos.com – Perkembangan transportasi publik, tak terkecuali perkeretaapian di Indonesia butuh dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Guna menjawab tantangan ini, Universitas Pancasila (UP) pun membuka Program Studi Teknik Perkeretaapian.

Dekan Fakultas Teknik UP (FTUP) Dr Ir Budhi M Suyitno menyampaikan, pihaknya sudah menyiapkan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska), PT Inka, PT Adi Karya dan lainnya, dalam menjalankan prodi ini. Dosen atau staf pengajarnya akan berasal dari UP sendiri atau di luar itu seperti dari Maska dan industri.

“Kami ingin meningkatkan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang tersebut,” katanya dilansir dari Antara, Jumat (22/11).

Menteri Perhubungan era pemerintahan Abdurahman Wahid itu lebih lanjut mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menimba ilmu perkeretaapian bisa ke kampus yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung Jakarta Selatan tersebut. Untuk diketahui, saat ini Prodi Teknik Perkeretapian baru memiliki program D3 saja di bawah Kemenhub.

Sementara itu Rektor UP Prof Wahono Sumaryono menegaskan, para pengajar Prodi Teknik Perkeretaapian sudah siap. Sarana dan prasarana juga sudah memadai. “Kami perlu membuka prodi-prodi baru sesuai dengan permintaan tuntutan zaman,” jelasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara



Close Ads