alexametrics

Ini Tips Jitu Strategi Belajar Lolos SNMPTN

22 Februari 2021, 13:21:37 WIB

JawaPos.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tengah berlangsung. Para peserta didik yang saat ini tengah duduk di bangku akhir SMA atau SMK tentunya merasa was-was.

Kekhawatiran itu muncul akibat tingginya animo dan persaingan untuk masuk perguruan tinggi negeri. Belum lagi, kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir menambah kecemasan para calon peserta SNMPTN 2021.

Lalu, pembelajaran jarak jauh (PJJ) tentunya memberikan tantangan baru dalam proses belajar, mau tidak mau, para siswa diajak untuk beradaptasi. Meski demikian, siswa perlu tetap berkonsentrasi dan fokus belajar agar lolos seleksi SNMPTN dengan baik.

Strategi belajar pun diperlukan dalam proses belajar untuk menghadapi seleksi SNMPTN. Hasil riset yang dilakukan Ruangguru, berikut strategi belajar efektif yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Bagi Target dan Fokus

Kenali targetmu seperti apa. Bagi siswa kelas 12, saat ini tentunya dihadapkan dengan SNMPTN yang dibuka pada bulan Februari ini. Jika targetmu lulus SNMPTN, maka persiapan kamu harus sejak kelas 10. Apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja meningkatkan nilaimu sejak kelas 10 dan menjaga agar tetap stabil sampai kelas 12.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads