alexametrics

Tinjau Vaksinasi Guru dan Pelajar, Nadiem: Saya Sekeluarga Saja Sudah

21 September 2021, 19:35:57 WIB

JawaPos.com – Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 ini dilakukan di semua lini. Tak terkecuali bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) serta pelajar. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bahkan telah mengadakan rapat khusus bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin guna mempercepat proses vaksinasi untuk kelompok ini.

”Minggu lalu, saya dan Pak Menkes telah mengumpulkan seluruh kepala dinas kesehatan dan dinas pendidikan seluruh Indonesia dalam upaya penuntasan vaksinasi PTK,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi PTK di Korem 042 Garuda Putih, Jambi, Selasa (21/9).

Dia memastikan, bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan aman. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir untuk divaksin. ”Saya sekeluarga juga sudah divaksin semuanya,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, turut dibahas pula mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Di mana, pemerintah daerah (pemda) yang telah berada di wilayah PPKM level 1–3 untuk segera membuka sekolah kembali.

Dia mengingatkan, bahwa vaksinasi PTK bukan syarat pembukaan sekolah. Namun, mengikuti instruksi mendagri bahwa sekolah yang berada di luas PPPKM level 4 dapat melakukan PTM terbatas terlebih bila PTK sudah divaksin. ”Kalau sudah, maka sekolah wajib memberikan opsi PTM terbatas dan pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ungkap Nadiem.

Pasalnya, telah dampak negative dari terlalu lama PJJ. Antara lain dilihat dari aspek putus sekolah, penurunan capaian pembelajaran, hingga kesehatan mental serta psikis anak-anak. Karenanya, dia meminta pada pemda untuk menyelamatkan anak-anak kita dari learning loss dengan segera menerapkan PTM terbatas di daerahnya ketika sudah berada di wilayah PPKM level 1-3. Tentunya, dengan tetap mengacu pada ketetapan SKB empat Menteri mengenai panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Zalzilatul Hikmia

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads