alexametrics

Kemendikbudristek Sebut Peran Ortu Di Pembelajaran Online Sangat Besar

21 Agustus 2021, 21:30:46 WIB

JawaPos.com – Kegiatan pembelajaran sampai saat ini masih menggunakan online atau virtual. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebut, selama proses pembelajaran online peran orang tua begitu besar.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Koordinator Manjemen Talenta Nasional Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Ade Supriyatna. ’’Peran penting selama proses pembelajaran virtual atau online ini adalah orang tua,’’ katanya dalam peluncuran Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2021 di Jakarta pada Sabtu (21/8).

Menurutnya peran orang tua mendampingi anak-anaknya dalam melakoni pembelajaran virtual sudah seperti guru di kelas. Sehingga wajar jika ada orang tua yang sempat keberatan atau mengeluh dengan adanya pembelajaran online. Tetapi dia meyakini lama-kelamaan orang tua sudah terbiasa.

Ade mengatakan dalam mendampingi anaknya mengikuti sekolah online, orang tua memiliki peran ganda. ’’Selain jadi guru, jadi pendamping, sampai kameramen,’’ tuturnya lantas tersenyum. Dia menuturkan ada sejumlah tugas anak-anak dalam bentuk rekaman video. Sehingga orang tua bertugas merekamnya seperti kameramen.

Di tengah dinamika pelaksanaan pembelajaran online, Ade mengatakan anak didik harus tetap semangat. Dia mengatakan pandemi bukan berarti mengurangi semangat belajar dan menurunkan kreativitas. Ade mengatakan siswa bisa tetap mengikuti aneka perlombaan sesuai bakat dan minat tanpa tatap muka. Dia mengapresiasi sejumlah institusi yang menggelar perlombaan untuk para siswa meskipun pandemi masih melanda Indonesia.

Sekretaris Projek EMC 2021 yang juga guru matematika Ade Kiki Ruswandi mengatakan mengajar di masa pandemi memang penuh tantangan. Diantaranya adalah bagaimana menciptakan suasana yang tidak membosankan. Cara mengatasinya, Ade sering menyisipkan sejumlah video pembelajaran.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads